Home / TULANGBAWANG BARAT

Selasa, 23 Januari 2024 - 17:55 WIB

Pemkab Tubaba Anggarkan Rp.400 Juta Untuk Bantuan Nuwo SIP

Kepala Bidang Pembangunan Pemeliharaan dan pengelolaan Kawasan Permukiman Dinas Perkimta Kabupaten Tubaba, Ali. Foto Rian

Kepala Bidang Pembangunan Pemeliharaan dan pengelolaan Kawasan Permukiman Dinas Perkimta Kabupaten Tubaba, Ali. Foto Rian

LampungCorner.com, TUBABA – Upaya membantu masyarakat memiliki rumah layak huni, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tulangbawang Barat, Provinsi Lampung, alokasikan Rp.400 juta dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2024 untuk program Nuwo SIP (Rumah Sehat Indah Produktif).

Program yang diinisiasi oleh Pemkab Tubaba dan resmi dilaunching pada akhir 2023 lalu itu, direncanakan akan mulai disalurkan pada Maret 2024 mendatang dengan menyasar 20 warga, dan masing-masing warga akan menerima bantuan stimulan sebesar Rp.20 juta.

“Adapun komposisi nilai bantuan yang diberikan terdiri dari Rp.15 juta untuk material, Rp.2 juta upah tukang, dan Rp.3 juta untuk pembelian bibit ternak,” kata Kepala Dinas Perumahan Permukiman dan Pertanahan (Perkimta) Tubaba, Rizal, melalui Kepala Bidang Pembangunan Pemeliharaan dan pengelolaan Kawasan Permukiman, Ali saat dikonfirmasi Lampung Corner di ruang kerjanya, Selasa (23/01/2024).

addgoogle

Lanjut Ali, program Nuwo SIP itu sebenarnya mengadopsi program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) Pemerintah Pusat. Hanya saja ada sedikit perbedaan pada komposisinya yang menganggarkan juga untuk biaya produktif. Yang mana biaya produktif itu digunakan untuk membantu ekonomi warga dengan beternak.

“Adapun penerima bantuan program Nuwo SIP tahun ini terbagi di Tiyuh Kibang Tri Jaya Kecamatan Lambu Kibang sebanyak 10 unit, dan Tiyuh Panaragan Jaya Utama Kecamatan Tulangbawang Tengah 10 unit,” jelasnya.

Ali juga menjelaskan, untuk mendapatkan bantuan Nuwo SIP masyarakat dapat mengajukan ke Pemerintah Tiyuh setempat dengan syarat asli warga Tubaba, tanah milik pribadi, serta memiliki kemampuan swadaya untuk membangun rumah dengan luas minimal bangunan tipe 36 M2, bahan bangunan menggunakan bata, berlantai semen atau keramik, beratap, adanya ventilasi udara dan pencahayaan, serta adanya tempat MCK.

“Nuwo SIP ini merupakan salah satu upaya Pemkab Tubaba dalam percepatan pengentasan rumah tidak layak huni (RTLH) dengan skema Padat Karya Tunai (PKT), guna membantu masyarakat berpenghasilan rendah untuk mendorong dan meningkatkan keswadayaan dalam peningkatan kualitas rumahnya beserta prasarana, sarana dan utilitas umumnya,” tuturnya.

Menurut, Ali, untuk percepatan pengentasan RTLH itu, Pemkab Tubaba juga berupaya mengusulkan program BSPS kepada Pemerintah Pusat baik reguler maupun aspirasi, serta program BSMS Provinsi Lampung.

“Total data yang kita usulkan untuk bantuan stimulan bedah rumah di Tubaba ini sebanyak 3.682 unit. Oleh karenanya, kita berharap ada juga bantuan dari Pusat dan Provinsi terhadap masyarakat Kabupaten Tubaba agar segera memiliki rumah yang lebih baik kedepannya. Kemudian, kita juga berharap untuk bantuan Nuwo SIP yang dilaksanakan perdana pada tahun ini dapat berjalan lancar,” pungkasnya. (*)

Laporan: Rian
Editor: Furkon Ari

add

Share :

151 views

Baca Juga

TULANGBAWANG BARAT

7 Titik Jalan Dan Jembatan Di Tubaba Diperbaiki Pemprov

TULANGBAWANG BARAT

Kapolda Cek Kantor Baru Polres Tubaba, Diresmikan Awal 2022

TULANGBAWANG BARAT

Permudah Pelayanan Publik, Tiyuh Se- Tubaba Terapkan SMART VillageĀ 

TULANGBAWANG BARAT

Umar dan Ponco Teken KUA-PPAS APBDP Tubaba 2021

TULANGBAWANG BARAT

DAK Disdikbud Tubaba 2022 Mencapai 27 Miliar, 41 Sekolah Akan Dapat Perbaikan

TULANGBAWANG BARAT

12 Perwira dan 17 Bintara Polres Tubaba Naik Pangkat

TULANGBAWANG BARAT

Enam Bulan Tertunda, Kadinkes Janji Insentif Nakes Tubaba Cair Pekan Depan

PEMERINTAHAN

Sebanyak Rp248 Juta, Dana Rumah Ibadah di Tubaba Mulai Disalurkan