Home / BISNIS / PRINGSEWU

Senin, 21 Juni 2021 - 19:37 WIB

Pengrajin Genteng Pringsewu Berharap Pemerintah Lebih Memperhatikan Industri Mikro di Masa Pandemi

Jumadi (50), salah satu pengrajin genteng di Pekon Pandan Surat, Kecamatan Sukoharjo. Foto: lampungcorner.com/ Yuda Haryono

Jumadi (50), salah satu pengrajin genteng di Pekon Pandan Surat, Kecamatan Sukoharjo. Foto: lampungcorner.com/ Yuda Haryono

LAMPUNGCORNER.COM, Pringsewu – Pengrajin genteng di Pekon Pandan Surat Kecamatan Sukoharjo sangat merasakan dampak dari pandemi Covid-19, yang mengakibatkan omset menurun karena sepi pesanan.

Jumadi (50), salah satu pengrajin genteng di Dusun 4 Pekon Pandan Surat, mengungkapkan permintaan genteng turun drastis selama pandemi Covid-19.

“Padahal, harga genteng sudah kita turunkan, tapi karena membuat genteng adalah mata pencaharian kami maka tetap produksi. Meski biayaya produksi lumayan besar,” ungkapnya saat ditemui Lampungcorner.com, Senin (21/6/2021).

Ia menjelaskan, biasanya dalam satu bulan bisa membakar tiga kali Tobong Genteng (tempat pembakaran Genteng). Untuk saat ini ia hanya melakukan dua kali.

“Yang biasanya dalam 1 bulan bisa membakar tiga kali di tobong genteng sekarang kita kurangin hanya dua kali dan sekali bakar tobong bisa menampung 12 ribu genteng” ucapnya kepada Lampungcorner.com.

Untuk memasarkan genteng Jumadi hanya mengandalkan pemasaran secara tradisional dengan memasarkan ke beberapa toko bangunan.

“Biasanya ada juga pembeli yang datang langsung. Satu genteng yang jenisnya Mantili kami hargai Rp 750 rupiah perbiji,” jelasnya.

Ia bersama rekan-rekannya pengrajin genteng yang ada di Kecamatan Sukoharjo berharap kepada Pemerintah Daerah untuk turun melihat lebih dekat para pengrajin genteng.

“Kami butuh perhatian dan bantuan dari pemerintah daerah misalnya, mesin molen, pinjaman modal dengan bunga yang kecil, cara penjualan yang baik karena genteng yang kita buat kualitas Bagus”singkatnya. (yud)

Share :

668 views

Baca Juga

PRINGSEWU

Dua Truk Adu Kepala di Pringsewu, Begini Kondisi Kedua Sopir

PRINGSEWU

Peringati Hari Donor Darah Sedunia 2022 PMI Pringsewu Gelar Ayok! Donor Darah

PRINGSEWU

Dua Residivis Pencuri 30 Karung Beras Dilimpahkan ke Kejari Pringsewu

PRINGSEWU

Hj Dewi Handajani SE Menghadiri Peringatan Hari PGRI Ke- 77 Dan Hari Guru

PRINGSEWU

Naiknya Kasus DBD, Bhabinkamtibmas Polsek Sukoharjo Lakukan Fogging
Foto: Screenshot recruitment.btn.co.id

BISNIS

Lowongan Kerja Bank BTN bagi Lulusan SLTA dan D3

PRINGSEWU

131 KPM Pekon Ganjaran Terima Bantuan Beras Dari Pemerintah

PRINGSEWU

Peringati Hari Sumpah Pemuda Ke – 94 Pemkab Pringsewu Gelar Upacara Bendera