Home / BISNIS / PRINGSEWU

Senin, 21 Juni 2021 - 19:37 WIB

Pengrajin Genteng Pringsewu Berharap Pemerintah Lebih Memperhatikan Industri Mikro di Masa Pandemi

Jumadi (50), salah satu pengrajin genteng di Pekon Pandan Surat, Kecamatan Sukoharjo. Foto: lampungcorner.com/ Yuda Haryono

Jumadi (50), salah satu pengrajin genteng di Pekon Pandan Surat, Kecamatan Sukoharjo. Foto: lampungcorner.com/ Yuda Haryono

LAMPUNGCORNER.COM, Pringsewu – Pengrajin genteng di Pekon Pandan Surat Kecamatan Sukoharjo sangat merasakan dampak dari pandemi Covid-19, yang mengakibatkan omset menurun karena sepi pesanan.

Jumadi (50), salah satu pengrajin genteng di Dusun 4 Pekon Pandan Surat, mengungkapkan permintaan genteng turun drastis selama pandemi Covid-19.

“Padahal, harga genteng sudah kita turunkan, tapi karena membuat genteng adalah mata pencaharian kami maka tetap produksi. Meski biayaya produksi lumayan besar,” ungkapnya saat ditemui Lampungcorner.com, Senin (21/6/2021).

addgoogle

Ia menjelaskan, biasanya dalam satu bulan bisa membakar tiga kali Tobong Genteng (tempat pembakaran Genteng). Untuk saat ini ia hanya melakukan dua kali.

“Yang biasanya dalam 1 bulan bisa membakar tiga kali di tobong genteng sekarang kita kurangin hanya dua kali dan sekali bakar tobong bisa menampung 12 ribu genteng” ucapnya kepada Lampungcorner.com.

Untuk memasarkan genteng Jumadi hanya mengandalkan pemasaran secara tradisional dengan memasarkan ke beberapa toko bangunan.

“Biasanya ada juga pembeli yang datang langsung. Satu genteng yang jenisnya Mantili kami hargai Rp 750 rupiah perbiji,” jelasnya.

Ia bersama rekan-rekannya pengrajin genteng yang ada di Kecamatan Sukoharjo berharap kepada Pemerintah Daerah untuk turun melihat lebih dekat para pengrajin genteng.

“Kami butuh perhatian dan bantuan dari pemerintah daerah misalnya, mesin molen, pinjaman modal dengan bunga yang kecil, cara penjualan yang baik karena genteng yang kita buat kualitas Bagus”singkatnya. (yud)

add

Share :

624 views

Baca Juga

PRINGSEWU

Peringati Hari Sumpah Pemuda Ke – 99, DPC PBB Pringsewu Bersama Kodim 0424 Tanggamus Adakan Baksos Dan Santunan

BISNIS

Pemerintah Diminta Masukkan Tembakau sebagai Komoditas Prioritas Nasional  

BANDAR LAMPUNG

Komut PTPN VII: Bangun Harmoni dengan Masyarakat

PRINGSEWU

PWI Kabupaten Pringsewu Lakukan Baksos, Berikan Santunan Ke Tiga Panti Asuhan
Suasana di Mal Simpur Center Bandarlampung, Selasa (4/5/2021). Foto: Dora Afrohah

BANDAR LAMPUNG

Mal di Bandarlampung Penuh, Pengelola Klaim Sudah Terapkan Prokes Ketat

BISNIS

Ini Penyebab Harga Emas Turun Drastis

BISNIS

Tahun Ini Kredit Rumah Subsidi Bisa di 38 Bank

HUKUM

Polisi Tembak Anggota Sindikat Curanmor Lintas Kabupaten, Satu Lolos