Home / NASIONAL

Jumat, 19 Januari 2024 - 10:32 WIB

Peserta UKW Ikuti Kompetisi Jurnalistik Berhadiah 50 Juta

LampungCorner.com, YOGYAKARTA – Dalam pelaksanaan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang dilaksanakan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bersama Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) pusat tersebut, peserta UKW berkesempatan mengikuti lomba kompetisi jurnalistik dengan total hadiah Rp.50 juta.

Direktur UKW PWI Pusat Dr. Firdaus Komar, M.Si., mengatakan dalam rangkaian UKW juga digelar kompetisi jurnalistik. Kompetisi jurnalistik khusus bagi peserta yang mengikuti UKW PWI-BUMN yang kick-off-nya pada Kamis-Jumat (28-29/12), serentak di tiga daerah sekaligus yaitu di Manado, PWI Sulawesi Utara (Sulut), di Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) dan di Banda Aceh, PWI Provinsi Aceh dan dilanjutkan ke seluruh PWI se-Indonesia termasuk satu daerah khusus PWI Surakarta.

Menurut Firko sapaan akrab Firdaus Komar, secara teknis mengenai kompetisi jurnalistik bagi peserta UKW PWI-BUMN ini wajib memenuhi kriteria sebagai berikut, tema tulisan lomba “Peran BUMN terhadap kemajuan pers melalui UKW”.

“Karya jurnalistik yang diikutkan dalam lomba berupa feature dengan minimal 1.500 karakter,” terangnya.

Selanjutnya, tambah Firko, karya yang dilombakan dikirimkan ke link yang telah disediakan oleh admin PWI Pusat. Dengan waktu maksimal tiga hari setelah pelaksanaan UKW yang digelar di masing-masing daerah.

“Mengenai tema yang ditentukan variabel, pertama terkait peran BUMN saat ini. BUMN memiliki peran yang penting dalam membangun dan mengembangkan perekonomian Indonesia,” ujarnya.

Sebagai bagian integral dari sektor publik, BUMN memiliki tanggung jawab besar dalam mendorong pertumbuhan ekonomi, menciptakan lapangan kerja, dan menyediakan layanan publik yang vital. Badan usaha adalah mitra pemerintah dalam meningkatkan perekonomian nasional, misalnya dalam peningkatan ekspor.

Selain itu, fungsi badan usaha adalah sebagai perpanjangan tangan pemerintah dalam pemerataan pendapatan masyarakat.

Berkaitan dengan peran BUMN terhadap kemajuan pers, Menteri BUMN mempercayai bahwa wartawan adalah bagian utama industri pers yang akan bekerja secara profesional. Atas profesionalitasnya itu, maka pemerintah dan industri lain termasuk BUMN, sangat memperhatikan industri pers.

Salah satu bentuk perhatian itu antara lain diberikan oleh Kementerian BUMN dan jajaran BUMN dalam bentuk dukungan penyelenggaraan UKW. Dukungan tersebut juga diberikan dengan harapan industri pers tetap mampu bersinergi berkontribusi untuk kemajuan BUMN.

Firko menambahkan, pengumuman pemenang yang terdiri dari 10 orang pemenang dan 15 orang juara harapan, diperkirakan pada Juli 2024.

“Mudah-mudahan berdasarkan estimasi waktu yang akan tersedia terkait dengan program UKW-BUMN ini, sekitar Juli 2024 akan rampung,” pungkasnya. (*)

Sumber Rilis PWI Pusat

Share :

676 views

Baca Juga

NASIONAL

Profil 6 Polisi Calon Direktur Penyidikan KPK

NASIONAL

Presiden Jokowi Tiba di Palu, Ini Sejumlah Agendanya di Sulteng

NASIONAL

Kombes Agus Nur Patria Dipecat karena Rusak CCTV TKP Pembunuhan Brigadir J

NASIONAL

Jokowi Resmikan 7 Pelabuhan Penyeberangan dan 4 KMP

HUKUM

Coki Pardede Ditangkap Terkait Narkoba, Warganet: Ntar Banyak Jadi Penyuluh Antinarkoba

NASIONAL

Mudik Lebaran, 2,6 Juta Kendaraan Lintasi Tol Lampung hingga Aceh

NASIONAL

Dikunjungi Jokowi Ini Respon Masyarakat Kabupaten Dairi di Sumatera Utara

NASIONAL

Halmahera Utara Diguncang Gempa 5,2 Magnitudo