Home / TULANGBAWANG BARAT

Rabu, 28 Februari 2024 - 19:29 WIB

Cegah Kenakalan Remaja, Kejari Tubaba Lakukan Penyuluhan Hukum di SMPN 6

Kejari Tubaba saat memberikan penyuluhan dan penerangan hukum di SMPN 6. Foto Rian

Kejari Tubaba saat memberikan penyuluhan dan penerangan hukum di SMPN 6. Foto Rian

LampungCorner.com, TUBABA – Upaya menekan angka kenakalan remaja, Kejaksaan Negeri (Kejari) Tulangbawang Barat (Tubaba), Provinsi Lampung, melakukan penyuluhan hukum melalui program Jaksa Masuk Sekolah (JMS) kepada siswa-siswi SMPN 6 di kabupaten setempat.

Kegiatan tersebut dilaksanakan Rabu (28/02/2024) pukul 09.30 WIB. Yang dipimpin secara langsung oleh Kasi Intelijen Kejari Tubaba Dodi Ariyansyah, S.H.,M.H., dan turut didampingi Jaksa Fungsional Bidang Intelijen Yan Bastian Simalango, S.H., Edi Junaidi, S.H., serta Kasubagbin Asrofi,S.H.

“Dalam kegiatan program jaksa masuk sekolah hari ini, kita memberikan penyuluhan dan penerangan hukum kepada peserta didik terkait pencegahan kenakalan remaja dan penyalahgunaan narkotika. Sekaligus pengenalan tugas dan kewenangan institusi kejaksaan,” ujar Dodi, mewakili Kajari Sri Haryanto, S.H, M.H., kepada Lampung Corner.

Menurutnya, melalui materi yang disampaikan, para peserta didik diharapkan dapat lebih memahami dan mengenali hukum, sehingga berbagai bentuk pelanggaran hukum dapat dijauhi.

“Kegiatan ini juga merupakan bentuk pengenalan institusi kejaksaan agar kelak siswa-siswi dapat bercita-cita untuk bergabung menjadi insan Adhyaksa, dan sebagai bentuk langkah preventif guna meminimalisir terjadinya tindak pidana di wilayah Kabupaten Tubaba khususnya di lingkungan sekolah-sekolah,” terang Dodi.

Dodi juga menerangkan, bahwa program JMS juga sebagai bentuk kepedulian dan dukungan kejaksaan pada Pemerintah Kabupaten untuk mencegah terjadinya kasus kekerasan terhadap anak atau kenakalan remaja yang akhir-akhir ini semakin meningkat.

“Kejari Tubaba melalui Bidang Intelijen, akan terus melakukan penyuluhan dan penerangan hukum sebagai bentuk sumbangsih kejaksaaan dalam memberikan informasi terkait instansi kejaksaan dan terkait hukum,” jelasnya.

Lanjut Dodi, pembekalan ilmu pengetahuan tentang pembentukan karakter serta motivasi agar siswa – siswi dapat lebih bersemangat lagi untuk belajar dengan tekun demi meraih mimpi dan cita – cita memang sangatlah penting ditanamkan sejak dini.

“Kami juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang sudah mendukung program JMS Kejari Tubaba, sehingga kegiatan dapat dilaksanakan dengan sukses dan lancar. Semoga melalui kegiatan ini dapat memberikan dampak besar dan positif terhadap perkembangan generasi muda kedepannya,” pungkasnya.

Berdasar pantauan media, turut hadir pada kegiatan JMS tersebut Kepala Bidang Pendidikan Dasar (Dikdas) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Tubaba Hikmawati beserta jajaran, Kepala Sekolah SMPN 6 Tubaba Edi Sunaryo, dan siswa-siswi peserta penyuluhan berjumlah sekitar 50 orang. (*)

Laporan: Rian
Editor: Furkon Ari

Share :

262 views

Baca Juga

TULANGBAWANG BARAT

Pengukuhan Perpanjangan Masa Jabatan Kepala Tiyuh, Pj. Bupati Sampaikan Pesan ini

TULANGBAWANG BARAT

Ada 11 Propemperda Kabupaten Tubaba di Tahun 2024

TULANGBAWANG BARAT

Pererat Silaturahmi, Pemkab Tubaba Gelar Halal Bihalal

PEMERINTAHAN

Umar Ahmad: Pemilihan Kepala Tiyuh Tahun 2021 Sepertinya akan Terjadi Lonjakan Pendaftaran

TULANGBAWANG BARAT

Diduga Tak Sesuai Spek, Kepala Tiyuh Karta Keluhkan Proyek Jalan Ratusan Juta

TULANGBAWANG BARAT

Terungkap! Material Bercampur Abu dan Pasir, Proyek Jalan di Tiyuh Karta Dihentikan

TULANGBAWANG BARAT

Sanksi Pelaku Pemalsuan Tanda Tangan, BKPSDM Tubaba: Tunggu LHP Inspektorat

TULANGBAWANG BARAT

Baznas Tubaba Salurkan Bantuan Untuk Korban Kebakaran