Home / Lampungcorner.com

Jumat, 17 Maret 2023 - 15:03 WIB

KPU Kabupaten Pringsewu Gelar Sosialisasi dan Penyampaian Peraturan Nomor 6 Tahun 2023

LAMPUNGCORNER.COM Pringsewu – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pringsewu gelar sosialisasi peraturan Nomor 6 Tahun 2023 tentang Daerah pemilihan dan alokasi kursi anggota DPR, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota pada Pemilihan Umum (PEMILU) 2024 mendatang. Agenda digelar di Hotel Regency Gadingrejo, Jum’at (17/03/23).

Tampak hadir pada agenda tersebut Sofyan Ketua KPU Pringsewu didampingi anggota lainnya, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Purhadi, Bawaslu, PPK dan jajarannya serta perwakilan dari pengurus partai politik yang ada di parlemen atau non parlemen.

Sofyan dalam sambutannya mengatakan, jumlah alokasi kursi anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pringsewu pada Pemilu 2024 mendatang masih tetap dengan kuota 40 kursi, tersebar di lima Daerah Pemilihan (Dapil) di sembilan kecamatan se-Kabupaten Pringsewu.

addgoogle

Lanjut Sofyan, namun ada dua Dapil yang mengalami perubahan kuota kursinya, yakni Dapil 2 meliputi Kecamatan Sukoharjo dan Adiluih. Pemilu sebelumnya ada sembilan (9) kursi kini menjadi delapan kursi, sedang Dapil 3 Kecamatan Gadingrejo, yang semula tujuh (7) kursi kini menjadi delapan (8) kursi.

Ditambahkan lagi, untuk Dapil 1 Kecamatan Pringsewu masih tetap delapan (8) kursi, Dapil 4 Kecamatan Ambarawa dan Pardasuka tetap tujuh (7) kurs.

“Sedang Dapil 5 Kecamatan Pagelaran, Banyumas dan Pagelaran Utara juga tetap kuota sembilan (9) kursi”, papar Ketua KPU Kabupaten Pringsewu Sofyan Akbar Budiman.

Terkait dengan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) Kabupaten Pringsewu pada pemilu 2024 mendatang saat ini tercatat 315.573 dengan jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) 1.416 tersebar.

Sofyan menambahkan lagi, bahwa untuk mewujudkan pemilihan umum sebagai sarana kedaulatan rakyat dengan berazaskan langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, adil dan berprinsip pada kepastian hukum, maka perlu menetapkan 7 (tujuh) prinsip penyusunan daerah pemilihan sebagaimana diatur dalam pasal 185 Undang-Undang Nomor 7 tahun 2017.

Yakni tentang Pemilu dalam penetapan daerah pemilihan dan jumlah kursi setiap daerah pemilihan anggota DPR, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota.

“Putusan Mahkamah Kontitusi Nomor 80/PUU-XX/2022 telah menegaskan bahwa daerah pemilihan umum dan alokasi kursi anggota DPR, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota pada Pemilu tahun 2024 ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum”, pungkas Sofyan.

(Wahyu)

add

Share :

216 views

Baca Juga

Lampungcorner.com

Kolaborasi Palmco Regional I Medan dengan Masyarakat Membawa PS PTPN III menjadi Runner Up Liga 3 Sumut

Lampungcorner.com

APBD-P 2023 bertambah, Pendapatan Daerah 2024 Capai 881 Miliar Lebih

Lampungcorner.com

PT SPMN Group Ikuti Bimtek dan Penilaian IEPK

Lampungcorner.com

PJ Bupati Sepakati Saran Masukan DPRD Tentang 7 Raperda

Lampungcorner.com

Pemilu 2024, KPU Harapkan Insan Pers Filter Berita Hoks

Lampungcorner.com

PBG Dan Minim SDM Penyebab Utama PAD DPMPTSP Minus

Lampungcorner.com

Ririn Sosialisasi Perda Tentang Penghapusan Tindak Kekerasan Terhadap Perempuan Dan Anak Di Pekon Bulokarto Pringsewu
Peluncuran Aplikasi Sinar untuk pembuatan dan perpanjangan SIM diikuti Kapolres Tanggamus, Dandim, DPRD, dan Pemda Tanggamus, Selasa (14/4/2021). Foto: Istimewa

Lampungcorner.com

Lebih Mudah, Berikut Syarat Pembuatan dan Perpanjangan SIM Lewat Aplikasi ‘Sinar’