Home / TULANGBAWANG BARAT

Jumat, 26 Januari 2024 - 13:54 WIB

KPU Tubaba Lantik 5.894 KPPS dan Tanam Ribuan Bibit Pohon

Pelantikan KPPS Kabupaten Tubaba. Foto KPU

Pelantikan KPPS Kabupaten Tubaba. Foto KPU

LampungCorner.com, TUBABA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba), Provinsi Lampung, resmi melantik 5.894 Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) Pemilu tahun 2024.

Ketua KPU Kabupaten Tubaba Yudi Agusman, mengatakan bahwa pelantikan KPPS itu dilaksanakan di masing-masing Balai Tiyuh (Desa), pada Kamis (24/01/2024).

“Pelantikan dilakukan oleh Ketua Panitia Pemungutan Suara (PPS) di setiap Tiyuh atas nama Ketua KPU Tubaba. Namun, ada 4 Tiyuh yang kita monitoring secara langsung pelantikannya dan sekaligus dilakukan Zoom Meeting oleh KPU RI, yaitu di Tiyuh Daya Asri, Mulya Kencana, Marga Kencana, dan Balam Jaya,” kata Yudi saat dikonfirmasi Lampung Corner via telepon.

addgoogle

Yudi menerangkan, setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS) ada 7 orang KPPS yang akan bertugas pada penyelenggaraan Pemilu 2024 ini, yang terdiri dari 1 ketua dan 6 anggota.

“KPPS yang dilantik akan bekerja selama satu bulan, dan diberikan upah sebesar Rp.1,2 juta untuk ketua dan Rp.1,1 juta untuk anggota. Kemudian, pada tanggal 26 – 28 Januari 2024 besok para KPPS yang telah dilantik akan dibekali bimbingan teknis (Bimtek) terlebih dahulu oleh PPK dan PPS yang akan ditempatkan di beberapa titik Balai Tiyuh atau gedung-gedung sekolah,” jelasnya.

Menurut Yudi, setelah acara pelantikan, KPU Tubaba juga melakukan penanaman bibit pohon tanaman keras sebanyak 5.894 bibit. Jumlah itu sama dengan jumlah KPPS, karena masing-masing KPPS diminta membawa satu bibit pohon keras.

“Penanaman bibit pohon kita lakukan serentak hari ini setelah acara pelantikan. Ribuan bibit pohon itu ditanam di wilayah Tiyuh masing-masing, sebagai gerakan cinta lingkungan,” ujarnya.

Yudi juga mengucapkan selamat kepada para petugas KPPS yang telah dilantik, dan menekankan agar dalam melaksanakan tugas-tugasnya harus sesuai peraturan yang telah ditetapkan.

“Semoga para KPPS yang dilantik hari ini dapat selalu amanah dalam menjalankan tugas dan senantiasa menjaga asas Luber Jurdil (langsung, umum, bebas, rahasia jujur, dan adil), sehingga pelaksanaan Pemilu tahun 2024 dapat terlaksana dengan baik dan benar,” pungkasnya. (*)

Laporan: Rian
Editor: Furkon Ari

add

Share :

54 views

Baca Juga

TULANGBAWANG BARAT

Peduli Korban Bencana Alam dan Warga Sakit, Baznas Tubaba Salurkan Bantuan Uang Tunai

PEMERINTAHAN

Antarkan Bantuan Door to Door, Arinal: Masyarakat Tetap Patuhi Prokes

TULANGBAWANG BARAT

Gelar Halal Bihalal Bersama Insan Pers, Umar Ahmad: Kita Kukuhkan Tekat

TULANGBAWANG BARAT

Anggota Legislatif Tubaba 2024 Diasumsikan Bertambah 5 Kursi

TULANGBAWANG BARAT

Segera, Baznas Tubaba Salurkan Bantuan Rp500 Ribu per Siswa

TULANGBAWANG BARAT

PDIP Tubaba Sebar 1500 Dosis Vaksin Gratis

TULANGBAWANG BARAT

Disperkimta Tubaba Segera Usulkan Perbaikan Sejumlah Taman

TULANGBAWANG BARAT

69 Kepala Tiyuh Terpilih Dilantik 21 Desember, Sofyan: Hanya Dihadiri Istri dan Ketua BPT