Home / TULANGBAWANG BARAT

Minggu, 14 Januari 2024 - 21:55 WIB

LPUMKM PP Muhammadiyah Bawa Teknologi Peningkatan Getah Karet di Tubaba

Uji coba Micro Cut Tapping System di Tubaba. Foto Rian

Uji coba Micro Cut Tapping System di Tubaba. Foto Rian

LampungCorner.com, TUBABA – Lembaga Pengembang Usaha Mikro Kecil Menengah (LPUMKM) Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, melaksanakan kunjungan kerja di Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba), Provinsi Lampung, sekaligus mengenalkan teknologi baru untuk peningkatan getah kebun karet.

Dalam kunjungan LPUMKM PP Muhammadiyah yang dikoordinir oleh Ir. Bambang Sutrisno dan Horo Wahyudi, turut juga dihadiri oleh Tenaga Ahli Utama Bidang Ekonomi Kantor Staf Presiden (KSP) Republik Indonesia Ishak Saing, dan dari Pimpinan PT.Mercu Group Malaysia yang dipimpin oleh Dato Sri Ahmad Sukimi, Md Nazli, Dato Izaham Mohd Kasim, Mezan, Mohd Hazim dan Muhammad Muzaffar Shahz.

Kunjungan LPUMKM PP Muhammadiyah beserta rombongan itu dilaksanakan selama 2 hari sejak tanggal 13 dan 14 Januari 2024. Rombongan disambut langsung jajaran Pimpinan Daerah (PD) Muhammadiyah Kabupaten Tubaba.

Ketua PD Muhammadiyah Kabupaten Tubaba Susilo Aris Nugroho, mengatakan kunjungan LPUMKM PP Muhammadiyah dengan membawa teknologi baru untuk dikenalkan kepada petani itu sangat positif, dan tentu akan menjadi terobosan bagi petani dalam menghasilkan getah karet yang berkualitas kedepannya.

“Dari hasil diskusi kita dan penerapan di kebun, bahwa teknologi baru ini berupa Micro Cut Tapping System yang merupakan hasil penelitian selama 20 tahun dari Muhammad Hazim Nurdin Mercu Group,” kata Aris kepada media, Minggu (14/01/2024).

Menurut Aris, Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Lampung juga akan menggandeng semua Perguruan Tinggi Muhammadiyah di Lampung, untuk mendukung upaya percepatan peningkatan hasil pendapatan getah karet melalui teknologi Micro Cut Tapping System itu.

Sementara itu, Muhammad Muzaffar Shahz, menjelaskan bahwa teknologi baru itu merupakan upaya peningkatan hasil getah sadap karet minimal sebanyak 3 kali lipat dari pendapatan hasil sebelumnya.

“Kita jalani uji coba ini di Kabupaten Tubaba salah satunya, karena disini banyak perkebunan karet,” ujarnya.

Terpisah, Tenaga Ahli Utama Bidang Ekonomi Kantor Staf Presiden (KSP) Ishak Saing, berharap teknologi baru itu mampu memacu optimisme di kalangan petani dalam menghasilkan pendapatan getah karet yang bagus dan melimpah .

“Kabupaten Tubaba ini kami kunjungi karena potensi perkebunan di sini sangat bagus dan potensial, sehingga kita lakukan uji coba teknologi Micro Cut Tapping System di beberapa titik. Kedepannya diharapkan teknologi ini dapat dikembangkan di seluruh wilayah Indonesia,” pungkasnya. (*)

Laporan: Rian
Editor: Furkon Ari

Share :

557 views

Baca Juga

TULANGBAWANG BARAT

Diduga Rekayasa Surat Klarifikasi soal PKH, Kadissos Tubaba: Di Mana Salahnya?

TULANGBAWANG BARAT

Banyak Randis di Tubaba Nunggak Pajak

PEMERINTAHAN

Sebanyak Rp248 Juta, Dana Rumah Ibadah di Tubaba Mulai Disalurkan

TULANGBAWANG BARAT

Curah Hujan Tinggi, Dinkes Tubaba Himbau Masyarakat Waspada Serangan DBD

TULANGBAWANG BARAT

KPU Tubaba Lakukan Pengesetan Logistik dan Segera Lantik KPPS

TULANGBAWANG BARAT

DPRD Dorong Pemkab Berhentikan Oknum PNS yang Diduga Konsumsi Sabu
Jalan Sp Penumangan-Unit 6 Lambukibang yang rusak parah. FOTO: DINAS PUPR TUBABA

TULANGBAWANG BARAT

DPRD Lampung Turut Soroti Jalan Provinsi yang Rusak di Tubaba

TULANGBAWANG BARAT

Gubernur DKI Jakarta Sanjung Berbagai Program Keberhasilan Tubaba