Home / Lampungcorner.com

Senin, 22 Januari 2024 - 22:13 WIB

Panwaslu Kecamatan Mesuji Lantik 66 PTPS

LampungCorner.com, MESUJI – Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan Mesuji melantik sebanyak 66 Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) se-Kecamatan Mesuji, Kabupaten Mesuji, Provinsi Lampung. Pelantikan dilaksanakan di Balai Desa Sidomulyo, Kecamatan Mesuji, Senin (22/01/2024).

Ketua Panwaslu Kecamatan Mesuji Ishar, S.H menjelaskan, 66 Pengawas TPS ini akan bertugas melaksanakan pengawasan pemilu di 66 TPS yang tersebar se-Kecamatan Mesuji. Mereka merupakan ujung tombak pengawasan dalam suksesi Pemilu serentak 2024.

“Para PTPS yang kita lantik hari ini merupakan hasil seleksi yang dilaksanakan Panwascam Mesuji sejak tanggal 2 Januari 2024. Total ada sebanyak 66 TPS yang tersebar di Kecamatan Mesuji. Jadi Satu TPS satu pengawas,” ungkapnya.

Ia menambahkan, Pengawas TPS mempunyai Tugas, Wewenang, dan Kewajiban. Adapun tugas mereka sesuai UU 7 Tahun 2017 tentang Pemilu yakni mengawasi proses pemungutan dan penghitungan suara di TPS.

Mulai dari mengawasi persiapan pemungutan suara, pelaksanaan pemungutan suara, persiapan penghitungan suara, penghitungan suara, dan mengawasi pergerakan suara dari TPK ke PPS.

Sedangkan Wewenang PTPS selain menerima salinan berita acara hasil penghitungan juga berwenang menyampaikan keberatan dalam hal ditemukan dugaan pelanggaran, kesalahan dan atau penyimpangan administrasi pemungutan dan penghitungan suara.

“Sedangkan kewajibannya yakni menyampaikan hasil pengawasan kepada Panwaslu Kecamatan melalui Pengawas Kelurahan dan Desa,” jelasnya.

Ishar berpesan kepada para pengawas TPS agar dapat menjaga marwah Lembaga Bawaslu dalam menjalankan tugasnya. Yakni dengan menjaga profesionalitas, integritas, dan netralitas.

“Saya ucapkan selamat kepada pengawas TPS yang dilantik pada hari ini. Saya yakin dan percaya bahwa para pengawas TPS yang dibentuk Panwascam Mesuji mampu melaksanalan tugas, wewenang dan kewajiban dengan penuh tanggungjawab. Dan pesan saya tolong jaga nama baik dan marwah lembaga bawaslu,” tukasnya. (*)

Laporan: Kotan
Editor: Furkon Ari

Share :

111 views

Baca Juga

Lampungcorner.com

Awas Ada Sanksi!!!, Mulai Oktober 2024 Semua Produk Harus Bersertifikat Halal

Lampungcorner.com

APBD-P Pemkab Lunasi Pajak 374 Randis, DPRD :Berikan Contoh Terbaik

Lampungcorner.com

Peresmian Rumah Kaca Riset Pusat Penelitian Karet dari Proyek SATREPS

Lampungcorner.com

10 Unit Tidak Ada BPKB, Regar : Randis Banyak Dipakai Luar Pegawai

Lampungcorner.com

2023 PAD Tubaba Meningkat 28,2 Miliar

Lampungcorner.com

Anggaran Puskesmas Diduga Bermasalah, Inspektorat : Kita Koordinasi Ke APH

Lampungcorner.com

Halal Bihalal Sembari Santap Sisa Daging Qurban

Lampungcorner.com

Sudiyono, Anggota Dewan Fraksi Gerindra Beri Santunan 300 Warga Tidak Mampu