Home / BANDAR LAMPUNG / HUKUM

Rabu, 24 November 2021 - 14:14 WIB

Bea Cukai Musnahkan Rokok Ilegal Senilai Rp12,5 M di Pelabuhan Panjang

Anggota Bea Cukai Memusnahkan Barangg Bukti Rokok, foto : Pandu

Anggota Bea Cukai Memusnahkan Barangg Bukti Rokok, foto : Pandu

LAMPUNGCORNER.COM, Bandarlampung — Kanwil Bea dan Cukai Sumatera Bagian Barat (Sumbagbar) memusnahkan rokok non pita cukai alias ilegal senilai Rp12,5 milliar.

Kegiatan itu dilaksanakan di halaman Container Freight Station (CFS) Pelabuhan Panjang Jalan Yos Sudarso, Kecamatan Panjang, Kota Bandarlampung.

Kabid Penindakan dan Penyidikan Bea Cukai Sumbagbar, Kunto Prasti Tranggono, mengatakan pemusnahan salah satu barang bukti milik negara tersebut merupakan hasil ungkap kasus sepanjang kurun waktu 2021.

“Pemusnahan terhadap peredaran barang karena dianggap mampu mengganggu kesehatan, seperti kami lakukan saat ini yaitu memusnahkan barang hasil tembakau berupa rokok ilegal,” katanya, Rabu (24/11/2021).

Kunto menjelaskan, pemusnahan barang bukti tindak pidana khusus cukai sebagai eksekusi terhadap perkara telah memperoleh kekuatan hukum tetap atau inkracht.

BACA JUGA  Polda Lampung Tangkap 140 Preman dan Pelaku Pungli

Selain itu, kegiatan ini telah sesuai amanat Peraturan Menteri Keuangan Nomor 39/PMK.04/2014 tentang tata cara penyelesaian barang kena cukai dan barang-barang lain telah dirampas untuk negara atau dikuasai negara.

Menurutnya, total barang bukti tindak pidana khusus cukai dan barang milik negara dimusnahkan kali ini sebanyak 12,3 juta batang rokok dengan total nilai barang mencapai Rp12,5 miliar lebih.

“Bea Cukai selalu berkomitmen untuk semakin berintegritas dalam melaksanakan tugas kearah yang lebih baik sesuai dengan slogan ‘Bea Cukai Makin Baik,” kata Kunto.

Selain nilai material disebutkan, Kunto mengungkapkan terdapat juga kerugian nilai immaterial bila barang tersebut beredar di pasaran bebas.

BACA JUGA  Rokok Ilegal Hingga Narkoba Dimusnahkan, BB Puluhan Kasus Sejak November 2020

Bukan hanya terganggunya pertumbuhan industri rokok/minuman/vape dalam negeri. Itu juga dapat berdampak pada potensi tidak terpenuhinya hak dan kewajiban negara dan kesehatan masyarakat.

Kunto juga menegaskan, tehadap para pelaku pelanggaran di bidang cukai telah dilakukan penindakan berdasarkan peraturan perundangan. Bukan sekedar tertangkap tangan, namun juga pihak pemasok, penjual rokok ataupun miras ilegal guna memberi efek jera bagi pelaku.

“Barang ini umumnya datang dari Pulau Jawa dan sebagian besar hendak diselundupkan melalui jalur darat dan laut,” ucap Kunto. (*)

Red

Share :

22 views

Baca Juga

BANDAR LAMPUNG

Pemkot Bandarlampung Siapkan Tes Genose Covid-19 di Gedung Pelayanan Satu Atap

BANDAR LAMPUNG

Partai Demokrat Lampung Kecam Hoaks dan Dugaan Fitnah Wamendes PDTT

BANDAR LAMPUNG

Segera Berlaku! Ini Syarat Buat SIM C1 dan C2 di Bandarlampung

BANDAR LAMPUNG

Habib Umar Assegaf Minta Diberi Senjata untuk Lawan Israel

BANDAR LAMPUNG

Sebanyak 36 Wartawan Daftar UKW PWI Lampung Angkatan XXIV

HUKUM

Anak Tersangka Pencurian Kotak Amal, Kejari Tanggamus Hentikan Perkara

BANDAR LAMPUNG

Lomba Jurnalistik Itera Diperpanjang Sampai 10 Oktober 2021

BANDAR LAMPUNG

Video Lawan Empat Preman Settingan, Ustaz Nasihin Minta Maaf