Home / TANGGAMUS

Senin, 14 Juni 2021 - 13:04 WIB

Buaya Dua Meter Ditangkap Setelah Jebol Keramba Warga

Buaya yang ditangkap warga Waygelang, Kota Agung Barat, Tanggamus, Minggu malam. Foto: Istimewa

Buaya yang ditangkap warga Waygelang, Kota Agung Barat, Tanggamus, Minggu malam. Foto: Istimewa

LAMPUNGCORNER.COM, TanggamusMasyarakat di sekitar Muara Pantai Harapan wilayah Dusun Rawajadi, Desa Waygelang, Kecamatan Kota Agung Barat, Kabupaten Tanggamus dikejutkan dengan rusaknya sejumlah keramba ikan nila milik kelompok masyarakat sekitar.

Selain keramba, jaring ikut rusak dan banyak ikan yang hilang dan mati. Pada akhirnya masyarakat mengetahui sebabnya setelah ada seekor buaya yang terjerat jaring salah satu warga.

Setelah diangkat sejumlah warga pada Minggu malam, terlihat buaya berukuran panjang sekitar dua meter itu masih mencoba melawan untuk melepaskan diri dari jeratan jaring.

Mendapat informasi masyarakat, anggota Polsek Kota Agung, Koramil Kota Agung, hingga TNI AL datang ke lokasi untuk mengevakuasi buaya ke tempat aman.

“Buaya tertangkap jaring lalu diikat warga, maka kami tadi langsung evakuasi untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan,” ungkap Kapolsek Kota Agung AKP Muji Harjono, dalam siaran pers yang diterima rilislampung.id (group lampungcorner.com), Senin (14/6/2021).

Muji melanjutkan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Lampung untuk penanganan selanjutnya.

Menurut Muji, dari keterangan warga diperkirakan ada dua ekor buaya muara lagi yang masih berkeliaran di sekitar Pantai Waygelang, dan masyarakat diminta waspada.

“Masyarakat harus berhati-hati, dan jika menangkapnya agar tidak dibunuh karena buaya masuk kategori hewan yang dilindungi,” tukasnya.

Seorang warga bernama Masemi yang ikut dalam proses penangkapan buaya itu mengatakan, penangkapan itu dilakukan setelah ikan budidaya di dalam keramba banyak yang hilang dan ternyata buaya itu masuk dengan menjebol keramba. (*)

Red

Share :

291 views

Baca Juga

TANGGAMUS

Lapas Kelas llB Kota Agung Kenalkan Senpi Bagi Petugas Baru

TANGGAMUS

Gelombang Pasang Hantam Pelabuhan Kotaagung, Nelayan Takut Sandarkan Kapal

TANGGAMUS

Tak Ada Peminat, Kejari Tanggamus Kesulitan Lelang 10 Ribu Ton Batu Besi

TANGGAMUS

Zero Halinar Upaya Pimpinan Rutan Kelas IIB Kotaagung, tangkis isu Praktik Korupsi Dan Pungli

TANGGAMUS

BNN Tanggamus Bersama Media dan PWI, Pencegahan Penyalah Guna Narkoba

TANGGAMUS

Sepuluh Jam Hilang, Korban Terseret Arus di Pantai Cukuh Batu Ditemukan Tewas

PENDIDIKAN

Tinjau Sekolah Tatap Muka di MIN 1 Pringsewu, Sujadi Ingatkan Waspadai Paham Anti-Pancasila

TANGGAMUS

Menjawab Keluhan Kepsek Terhadap Wartawan Abal -Abal PWI Tanggamus Gelar Workshop Pendidikan dan Sosialisasi UU Pers