Home / MESUJI

Selasa, 17 Januari 2023 - 09:21 WIB

Dalam Semalam, Tiga Sapi Curian Dipotong di Tempat

Waris, warga Desa Jayasakti, Kecamatan Simpangpematang didampingi polisi menunjukkan jeroan sapinya yang dicuri maling, Senin (16/01/2023). Foto : Juan Santoso

Waris, warga Desa Jayasakti, Kecamatan Simpangpematang didampingi polisi menunjukkan jeroan sapinya yang dicuri maling, Senin (16/01/2023). Foto : Juan Santoso

LAMPUNGCORNER.COM, Mesuji — Lagi, pencurian hewan ternak kembali terjadi di Desa Jayasakti, Kecamatan Simpangpematang, Kabupaten Mesuji, Senin (16/01/2023).

Kali ini, tidak tanggung-tanggung, tiga ekor sapi indukan milik Kelompok Budi Usaha yang dipelihara Waris (75) dan Pendi (31) warga setempat dicuri maling.

Sadisnya, sapi-sapi itu langsung dipotong di peladangan dekat rumah korban sekitar 50 meter.

addgoogle

Hal itu terlihat dari semua isi perut (jeroan) sapi ditinggalkan begitu saja di kebun warga dengan posisi tiga jeroan utuh yang tidak terlalu jauh letaknya.

Dugaan aksi pencurian terjadi di atas pukul 01.00 dini hari. Karena pada pukul 23.00 WIB, pemilik sapi masih sempat memberikan pakan dan masih ada di kandang.

“Semalam, Pak Waris itu masih sempat ngasih makan dua sapinya. Ya paling sekitar Pukul 23.00 WIB gitu. Jadi habis kasi makan, ya belum langsung tidur, jadi kemungkinan hilangnya diatas jam satu malam,” kata Pendi yang juga tetangga dengan Waris.

Setelah azan subuh, kata Pendi, ia kaget karena Waris berteriak-teriak karena sapinya sudah hilang.

“Saya kaget juga, langsung ngelihat ke kandang sapi saya, lah ternyata sapi saya yang masih bunting juga hilang,” katanya lagi.

Dari jejak yang ditinggalkan para pelaku, kata Pendi, terlihat kalau maling sapi itu datang dari belakang rumah yang ternyata perkebunan karet.

“Ya, kalau lihat dari jejaknya dari belakang rumah, kan semua kebun karet, tidak ada perumahan dan langsung tembus ke jalur lintas timur (jalintim). Juga ada jalan setapaknya untuk orang jalan nderes,” terangnya.

Sebelumnya, di wilayah yang sama yakni Komplek jalan Sapari desa tersebut, juga sudah terjadi pencurian hewan ternak satu ekor sapi dan 7 ekor kambing. Dicuri habis dalam satu kandang. Dengan meninggalkan kambing yang masih sangat kecil dengan kondisi sudah terpotong-potong.

Desa Jaya Sakti sendiri memang menjadi wilayah yang kerap terjadi pencurian hewan ternak.

Seno (45), warga setempat, mengharapkan agar para pelaku segera ditangkap. Ia juga membenarkan jika dari Blok Simpang Sapari sampai ke dalam desa, itu belakangnya kebun karet dan tidak ada perumahan sampai tembus ke Jalintim.

“Ya, memang paling rawan daerah situ, sering kena maling,” katanya.

Terpisah, Kepala Dinas Pertanian Mesuji, Pariman mengatakan jika sapi dapat diganti jika kelompok Budi Usaha mengikut sertakan sapinya dalam program asuransi hewan.

“Kalau tercover asuransi, sapi tentu dapat diganti. Jika tidak, kami tidak bisa berkata banyak,” kata Pariman. Untuk itu, ia berharap para petani atau perternak mengasuransikan hewan ternaknya. (*)

Red

add

Share :

318 views

Baca Juga

MESUJI

Pj Bupati Mesuji Pantau Pelipatan 876.590 Surat Suara
Apel gelar pasukan Operasi Ketupat Krakatau (OKK) 2021 di Mesuji. FOTO: HUMAS POLRES MESUJI

MESUJI

Operasi Ketupat Krakatau di Mesuji, Aparat Cari Pemudik Ilegal

HUKUM

Polisi Gerebek Judi Sabung Ayam, Dua Kades Mesuji Kabur

MESUJI

Dor..! Satu Warga Tersungkur Diterjang Peluru Berebut Lahan Kebun PT. BSMI di Mesuji

MESUJI

Kapolres Mesuji Pimpin Rakor Lintas Sektoral

MESUJI

Warga Mesuji Meninggal karena Covid-19, Dua Hari Sebelumnya sang Istri Berpulang

MESUJI

120 Pramuka Saka Wira Kartika Digembleng di Makoramil Mesuji

MESUJI

Setop Pengguna Jalan, Satlantas Polres Mesuji Ajak Doa Bersama 60 Detik