Home / PRINGSEWU

Senin, 14 Juni 2021 - 15:26 WIB

Monumen Gajah Mada di Pringsewu yang Bersejarah Bagi Corps PM Lampung

Kegiatan karya bakti dan bakti sosial Corps Polisi Militer Lampung yang dipusatkan di Monumen Gajah Mada, Pekon atau Desa Panggungrejo, Kecamatan Sukoharjo, Kabupaten Pringsewu, Senin (14/6/2021). Foto: Istimewa

Kegiatan karya bakti dan bakti sosial Corps Polisi Militer Lampung yang dipusatkan di Monumen Gajah Mada, Pekon atau Desa Panggungrejo, Kecamatan Sukoharjo, Kabupaten Pringsewu, Senin (14/6/2021). Foto: Istimewa

LAMPUNGCORNER.COM, PringsewuDetasemen Polisi Militer (PM) Kodam II/3 Lampung melakukan kegiatan karya bakti dan bakti sosial yang dipusatkan di Monumen Gajah Mada, Pekon atau Desa Panggungrejo, Kecamatan Sukoharjo, Kabupaten Pringsewu, Senin (14/6/2021).

Kegiatan yang sekaligus memperingati HUT Corps PM ke-75 itu, dihadiri oleh Wakil Bupati Pringsewu Fauzi, Komandan Detasemen PM Kodam II/3 Lampung Letkol CPM Hanri Wira Kusuma, sejumlah pejabat PM dan Pemkab Pringsewu, serta aparat dan tokoh masyarakat setempat.

Menurut Hanri, pihaknya datang ke Monumen Gajah Mada untuk mengingat perjuangan Bapak Mustaja. Sebab berkat perjuangannya, Corps PM ada di Lampung.

addgoogle

“Waktu masa perjuangan dulu, masih gabungan Kompi C Garuda, yang semua komposisinya adalah PM, dan bertahan di daerah Panggungrejo,” ungkapnya.

Hanri juga mengungkapkan hubungan antara Gajah Mada dengan PM, serta sejarah digunakannya simbol Gajah Mada oleh Corps PM.

“Awalnya, para pendahulu saat mau mencari Panca Dharma Corps, mendapat arahan yang ditafsirkan suara dari Patih Gajah Mada tentang Panca Dharma, yakni Kesatria, Bijaksana, Pantang Mundur, Kebesaran Hati dan Kejujuran. Sehingga Panca Dharma tersebut diambil oleh sesepuh PM, dan dijadikan Panca Dharma Corps ini,” tambah Hanri lagi.

Pihak PM juga berharap Panggungrejo bisa dijadikan daerah binaan khusus. Karena kegiatan karya bakti dan bakti sosial itu terakhir dilaksanakan pada tahun 1997.

“Mulai kini, setiap HUT PM kita wajib untuk datang ke Tugu Gajah Mada di Panggungrejo. Tugu ini juga akan jadi catatan generasi. Kalau di Jawa Timur punya Trowulan, di Lampung ada Panggungrejo. Ini akan menjadi sejarah,” tandasnya.

Sementara itu Fauzi mengatakan sangat mendukung kegiatan yang dilaksanakan.

“Pemkab Pringsewu sangat senang dan bangga, kegiatan ini dilaksanakan di tempat yang sangat bersejarah bagi perjalanan dan keberadaan Corps PM di Provinsi Lampung,” pungkasnya. (*)

Red

add

Share :

343 views

Baca Juga

PRINGSEWU

Rawan Kecelakaan, Satlantas Pringsewu Timbun Jalan Berlubang

PRINGSEWU

Secara Aklamasi Sukri Nahkodai DEKOPINDA Pringsewu Periode 2022-2027

PRINGSEWU

Pekon Rejosari Kecamatan Pringsewu Optimis Juarai Lomba Desa/Pekon Tingkat Kabupaten 2022

PRINGSEWU

Polres Pringsewu Akan Tindak Tegas Pihak Yang Bermain dan Penimbunan Minyak Goreng

PRINGSEWU

Sempat di Beritakan Salah Satu Media Online, Pekon Ambarawa Timur Gelar Konferensi Pers

HUKUM

Sepi Job Nyanyi, Biduan asal Pringsewu dan Teman Lelaki Diringkus

PRINGSEWU

Bupati Pringsewu Diundang Hadiri Acara APKASI di Istana Bogor

PRINGSEWU

Pasca Harga BBM Melonjak, Ojek Online Minta Kenaikan Tarif