Home / PRINGSEWU

Senin, 14 Juni 2021 - 15:26 WIB

Monumen Gajah Mada di Pringsewu yang Bersejarah Bagi Corps PM Lampung

Kegiatan karya bakti dan bakti sosial Corps Polisi Militer Lampung yang dipusatkan di Monumen Gajah Mada, Pekon atau Desa Panggungrejo, Kecamatan Sukoharjo, Kabupaten Pringsewu, Senin (14/6/2021). Foto: Istimewa

Kegiatan karya bakti dan bakti sosial Corps Polisi Militer Lampung yang dipusatkan di Monumen Gajah Mada, Pekon atau Desa Panggungrejo, Kecamatan Sukoharjo, Kabupaten Pringsewu, Senin (14/6/2021). Foto: Istimewa

LAMPUNGCORNER.COM, PringsewuDetasemen Polisi Militer (PM) Kodam II/3 Lampung melakukan kegiatan karya bakti dan bakti sosial yang dipusatkan di Monumen Gajah Mada, Pekon atau Desa Panggungrejo, Kecamatan Sukoharjo, Kabupaten Pringsewu, Senin (14/6/2021).

Kegiatan yang sekaligus memperingati HUT Corps PM ke-75 itu, dihadiri oleh Wakil Bupati Pringsewu Fauzi, Komandan Detasemen PM Kodam II/3 Lampung Letkol CPM Hanri Wira Kusuma, sejumlah pejabat PM dan Pemkab Pringsewu, serta aparat dan tokoh masyarakat setempat.

Menurut Hanri, pihaknya datang ke Monumen Gajah Mada untuk mengingat perjuangan Bapak Mustaja. Sebab berkat perjuangannya, Corps PM ada di Lampung.

“Waktu masa perjuangan dulu, masih gabungan Kompi C Garuda, yang semua komposisinya adalah PM, dan bertahan di daerah Panggungrejo,” ungkapnya.

Hanri juga mengungkapkan hubungan antara Gajah Mada dengan PM, serta sejarah digunakannya simbol Gajah Mada oleh Corps PM.

“Awalnya, para pendahulu saat mau mencari Panca Dharma Corps, mendapat arahan yang ditafsirkan suara dari Patih Gajah Mada tentang Panca Dharma, yakni Kesatria, Bijaksana, Pantang Mundur, Kebesaran Hati dan Kejujuran. Sehingga Panca Dharma tersebut diambil oleh sesepuh PM, dan dijadikan Panca Dharma Corps ini,” tambah Hanri lagi.

Pihak PM juga berharap Panggungrejo bisa dijadikan daerah binaan khusus. Karena kegiatan karya bakti dan bakti sosial itu terakhir dilaksanakan pada tahun 1997.

“Mulai kini, setiap HUT PM kita wajib untuk datang ke Tugu Gajah Mada di Panggungrejo. Tugu ini juga akan jadi catatan generasi. Kalau di Jawa Timur punya Trowulan, di Lampung ada Panggungrejo. Ini akan menjadi sejarah,” tandasnya.

Sementara itu Fauzi mengatakan sangat mendukung kegiatan yang dilaksanakan.

“Pemkab Pringsewu sangat senang dan bangga, kegiatan ini dilaksanakan di tempat yang sangat bersejarah bagi perjalanan dan keberadaan Corps PM di Provinsi Lampung,” pungkasnya. (*)

Red

Share :

377 views

Baca Juga

PRINGSEWU

Pemkab Pringsewu Sosialisasikan Peraturan Disiplin ASN

HUKUM

Warga Digerebek Sedang Judi di Sebuah Rumah

PRINGSEWU

Polres Pringsewu Bersama Kepala SMK se-Kabupaten Pringsewu Gelar Koordinasi Untuk Menangani Konflik Antar Pelajar

PRINGSEWU

Siap Di Renovasi, Aparatur Pekon Dan Masyarakat Rejosari Bongkar Gedung Balai Pekon

PRINGSEWU

Fauzi Hibahkan Tanah Ke Kwarcab Pringsewu, Sekaligus MoU Dengan PWI, STIMIK, Bank Sampah, dan LKP DMC

PRINGSEWU

Kejari Pringsewu Hentikan 2 Penuntutan Tindak Pidana Berdasarkan Restorative Justice

PRINGSEWU

Ungkap Cepat Kasus Tabrak Lari Mahasiswi ITERA, Kapolres dan Kasat Lantas Pringsewu Dapat Penghargaan Dari PPPS

PRINGSEWU

Maulana M. Lahudin Politisi PKB Unggul Pada Uji Publik DPC PDIP Pringsewu