Home / TULANGBAWANG BARAT

Rabu, 8 Juni 2022 - 17:29 WIB

DAK Disdikbud Tubaba 2022 Mencapai 27 Miliar, 41 Sekolah Akan Dapat Perbaikan

Foto: Istimewa

Foto: Istimewa

LAMPUNGCORNER.COM, Tulangbawang Barat – Seluruh Pengerjaan Dana Alokasi Khusus (DAK)  Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) 2022 dikerjakan secara swakelola.

Menurut Kepala Disdikbud Tubaba, Budiman Jaya, didampingi Qodhi, Kepala Bidang Dikdas, saat dikonfirmasi lampungcorner.com, Rabu (8/6/2022).

“Tahun ini kita mendapat DAK untuk sejumlah 41 Sekolah di Tubaba, mulai dari Paud, SD, hingga SMP, pengerjaannya akan dilakukan sepenuhnya secara swakelola oleh pihak Sekolah masing-masing,” katanya.

addgoogle

Terkait  jenis kegiatan DAK tahun ini, terdapat beberapa pembangunan ruang kantor baru untuk Kepala UPT Sekolah, kantor Guru, dan ruang lab komputer. Selain itu, ada juga rehabilitasi ruang kelas dan sanitasi.

“Karena itu swakelola, maka sepenuhnya akan menjadi tanggung jawab Sekolah, dimana Kepala UPT sebagai penanggung jawab, pelaksana Komite, unsur para dewan guru, dan bendahara dari guru,” ungkapnya.

Kata dia, dalam pengerjaan DAK itu nanti, untuk tenaga kerjanya diarahkan untuk memberdayakan masyarakat lingkungan Sekolah itu sendiri, misalnya orang tua atau wali murid, kecuali hal-hal yang bersifat spesifik memerlukan ahli seperti pemasangan rangka baja atau lainnya.

“Total DAK yang diterima tahun ini sekitar 27 Miliar, dan tidak semuanya fisik, karena ada juga untuk yang non fisik. Dan untuk dasar aturan DAK tahun ini mengacu  Permendikbud nomor 3 tahun 2022 dan Perpres nomor 7 tahun 2022,” jelasnya.

Pada pelaksanaan DAK ini juga akan didampingi tenaga fasilitator sebagai pengawas, dan masing-masing Sekolah juga akan diberikan Rencana Anggaran Pelaksanaan (RAP) sebagai acuan.

“Untuk waktu pelaksanaan pengerjaan DAK ini adalah 120 hari, dan saat ini sedang dalam proses untuk pencairan, diharapkan dalam waktu dekat sudah dapat terealisasi,” terangnya.

Diketahui, anggaran alokasi DAK dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) tahun ini dengan rincian, untuk DAK Fisik Paud sebesar Rp 178.100.000. DAK Fisik untuk Sekolah Dasar (SD) sebesar Rp.13.005.994.000. DAK Fisik untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP) sebesar Rp.8.138.000.000.

Juga biasanya digunakan untuk non fisik media pendidikan, perencanaan, pengawasan, manajemen, alat Laboratorium, TIK, APE dan lain sebagainya.

Adapun untuk sekolah yang menjadi prioritas perbaikan DAK Fisik tahun 2022 yakni, 1 PAUD, 30 SD dan 10 SMP.

Jumlah DAK tahun 2022 ini, lebih besar dibandingkan tahun 2021 lalu, yang hanya mendapatkan Rp.18 miliar.

Sistem pengerjaan nya melalui swakelola tipe satu atau full pelaksanaannya pihak sekolah masing-masing. (*)

(drn)

add

Share :

461 views

Baca Juga

TULANGBAWANG BARAT

Ongkos Haji Naik, Masa Tunggu Semakin Lama

TULANGBAWANG BARAT

Baznas Tubaba Salurkan Bantuan Untuk Korban Kebakaran

TULANGBAWANG BARAT

Bupati Tubaba Umar Ahmad Panen 1,3 Ton Lele dengan Sistem Bioflok

INTERNASIONAL

Gempa Bumi Bermagnitudo 5,5 Guncang Pesisir Barat, Lampung

TULANGBAWANG BARAT

Hari Pertama kerja, Pj Bupati Tubaba Fokus Bangun Desa

TULANGBAWANG BARAT

Sanksi Pelaku Pemalsuan Tanda Tangan, BKPSDM Tubaba: Tunggu LHP Inspektorat

TULANGBAWANG BARAT

PUPR Tubaba Bersihkan Lahan Pasar Sementara

TULANGBAWANG BARAT

Rumah Terbakar, Ari Nuryanto Terima Bantuan dari Baznas, LazisMu dan Pemkab