Home / NASIONAL

Minggu, 11 April 2021 - 00:15 WIB

Wilayahnya Masuk Zona Merah, Wapres Sarankan Ibadah Ramadan di Rumah

Wakil Presiden Ma'aruf Amin./FOTO ISTIMEWA

Wakil Presiden Ma'aruf Amin./FOTO ISTIMEWA

Pelaksanaan ibadah salat tarawih berjamaah di masjid atau musala pada tahun ini diperbolehkan pemerintah. Dengan catatan, tetap mengikuti protokol kesehatan ketat.

Tetapi, untuk umat muslim yang wilayahnya masih masuk zona merah, dianjurkan untuk tetap beribadah di rumah.

Imbauan ini disampaikan Wakil Presiden (Wapres) Ma’aruf Amin saat membuka acara Syiar Islam dan Istighotsah Kubra dalam rangka Tarhib Ramadan, secara virtual, Jumat malam (9/4/2021).

Ia mengatakan, daerah yang masih dalam zona merah, dianjurkan menggunakan rukhsah (keringanan) atau kemurahan-kemurahan yang diperbolehkan, yaitu tidak melakukan tarawih atau tadarus di tempat umum atau masjid-masjid.

“Ini untuk menghindari penularan COVID-19,” ujarnya seperti dikutip dari laman setkab.go.id.

Wapres mengaku, anjuran ini juga disampaikan Majelis Ulama Indonesia (MUI). Ia mengingatkan, ibadah berjamaah di masjid, seperti salat tarawih dan tadarus hukumnya sunah, sementara menjaga diri dari penularan penyakit atau bahaya hukumnya wajib.

Oleh karena itu, ia meminta umat muslim memprioritaskan upaya menekan penularan Covid-19. Begitu juga kenapa pemerintah melarang mudik. Itu karena pengalaman tahun lalu, terjadi peningkatan penularan COVID-19 sampai 90 persen ketika mudik.

“Itulah kenapa, menjaga itu, kemudian dilarang mudik. Saya kira kedudukannya itu sama saja, bahwa mudik atau silaturahim itu sunah, tetapi ada bahaya penularan COVID-19,” jelasnya.

Wapres juga mengimbau agar Ramadan kali ini dijadikan sebagai momentum untuk memperbaiki diri serta memohon ampun kepada Allah SWT serta memohon perlindungan-Nya, khususnya dari segala bencana yang tengah melanda Indonesia.

Ia menambahkan, bulan Ramadan adalah bulan maghfirah, ampunan Allah.  Karena itu, ia mengajak menjadikan Ramadan sebagai bulan untuk memohon ampun kepada Allah.

“Karena kita semua menyadari bahwa kita semua tidak ada yang tidak berdosa karena kita bukan orang yang maksum (terpelihara dari dosa),” ingatnya.(*)

Share :

298 views

Baca Juga

NASIONAL

Satgas Operasi Madago Raya Berhasil Tembak Mati 1 DPO Teroris

HUKUM

Hampir Sepuluh Ribu Benih Lobster Nyaris Diselundupkan ke Luar Negeri

ENTERTAINMENT

Lesti Kejora Cabut Laporan KDRT Usai Rizky Billar Ditahan, Ini Tanggapan Polda Metro

BREAKING NEWS

Aturan Baru KTP-KK: Nama Tak Boleh Satu Kata, Gelar Keagamaan dan Akademik Dilarang

NASIONAL

Ini Alasan Pemerintah Hapus Cuti Bersama Natal dan Tahun Baru 2022

NASIONAL

Polisi Ringkus Pemenggal Kepala Gajah di Aceh Termasuk Empat Tersangka Penjualnya

NASIONAL

Hari Ini Dijadwalkan Penjemputan Edy Mulyadi Oleh Bareskrim Polri

NASIONAL

Cara Bikin Paspor untuk Kamu yang Mau Kuliah ke Luar Negeri