Home / BISNIS / PRINGSEWU

Selasa, 22 Juni 2021 - 15:32 WIB

Belasan Tempat Usaha Curangi Tapping Box, Kadispenda: Masih Kami Pantau

Ilustrasi Kalbi Rikardo Rilislampung.id (group lampungcorner.com)

Ilustrasi Kalbi Rikardo Rilislampung.id (group lampungcorner.com)

LAMPUNGCORNER.COM, Pringsewu – Sejumlah rumah makan dan hotel di Kabupaten Pringsewu kedapatan tidak maksimal menggunakan tapping box. Menurut pihak Dinas Pendapatan Daerah setempat, sedikitnya ada 18 tempat usaha yang tidak taat menggunakan tapping box.

Kepala Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Kabupaten Pringsewu Waskito mengatakan, belasan tempat usaha itu sudah diberi surat peringatan.

“Mereka antara lain Rumah Makan Bu Gundil, Hotel Marissa, Lesehan Pak Gendut, Lesehan Bang Akbar, Lesehan Teteh, Rumah Makan Trans Jaya, dan lain-lain,” papar Waskito kepada rilislampung.id (group lampungcorner.com), Selasa (22/6/2021).

addgoogle

Pihaknya, lanjut Waskito sudah menyerahkan sekitar 50 tapping box ke sejumlah tempat usaha. Namun, hanya 45 yang berfungsi secara online. Sementara yang lima tidak berfungsi karena tempat usahanya sudah tutup atau ada masalah teknis.

Memang rata-rata pengelola tempat usaha itu menurut Waskito menggunakan tapping box, namun kebanyakan tidak maksimal bahkan cenderung curang.

“Mereka on, tapi transaksi dilewatkan. Atau yang makan lima, tapi yang dimasukkan transaksinya hanya satu. Banyak di Pringsewu yang seperti itu. Ada yang masih kami pantau dan ada yang sudah kami lakukan pembinaan sekaligus teguran kepada wajib pajak yang tidak maksimal menggunakan tapping box,” ungkap Waskito lagi.

Menurutnya, sekarang yang diperlukan adalah kesadaran para pengusaha. Ia juga menegaskan, jika para pengusaha itu masih bandel, pihaknya tidak segan-segan memberi sanksi tegas hingga penutupan tempat usaha, bahkan dibawa ke ranah hukum karna masuk kategori penggelapan pajak.

Solusi yang akan diambil pihak Dispenda setempat nantinya adalah menetapkan berapa omset yang kira-kira didapat tempat usaha itu. Lalu pemberlakuakn denda ketika tidak bayar. (*)

Red

add

Share :

349 views

Baca Juga

BANDAR LAMPUNG

Masuki Musim Pancaroba, Tangkapan Nelayan Menurun Pengaruhi Pengusaha Teri dan Ikan Asin

BISNIS

Duh, Nilai Tukar Petani Lampung di Bawah Nasional

HUKUM

Rokok Ilegal Hingga Narkoba Dimusnahkan, BB Puluhan Kasus Sejak November 2020

BISNIS

Menkeu dan Menhub Resmikan Stasiun Cikarang, Dibangun Pakai SBSN

PRINGSEWU

Bantu Pemerintah, TNI AD Canangkan Program Manunggal Air Bersih Nasional

PRINGSEWU

Adi Erlansyah Pimpin Upacara Hari Santri Nasional Kabupaten Pringsewu 2023

BISNIS

Inflasi Provinsi Lampung 1,33 Persen, Kota Bandarlampung 0,09 Persen

PRINGSEWU

Asik Rekap Nomor Pasangan, Bandar Togel di Ringkus Unit Reskrim Polsek Sukoharjo