Home / POLITIK

Selasa, 8 Desember 2020 - 11:07 WIB

Cegah Politik Uang, Bawaslu Patroli 24 Jam

Ketua Bawaslu Bandarlampung Candra Wansyah/FOTO NET

Ketua Bawaslu Bandarlampung Candra Wansyah/FOTO NET

Jelang pelaksanaan pemungutan suara, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Bandarlampung terus meningkatkan pengawasannya.

Ketua Bawaslu Bandarlampung Candra Wansah mengatakan, Bawaslu bersama panitia pengawas pemilu kecamatan (panwaslucam) selalu berada di lapangan untuk mencegah praktik politik uang terjadi di pemilihan wali kota (Pilwakot) Bandarlampung.

Bahkan, kata dia, Bawaslu bersama Panwaslucam berpatroli 1 x 24 jam di kota untuk mencegah politik uang. Termasuk mencegah jika ada aparatur pemerintah yang memobilisasi massa untuk memilih salah satu paslon.

”Saya sudah perintahkan kepada seluruh Panwaslu patroli 24 jam di wilayahnya masing-masing untuk mencegah politik uang terjadi,” ujarnya kepada Rilislampung.id (grup Lampungcorner.com) melalui sambungan telepon, Minggu (6/12/2020) malam.

Menurutnya, politik uang masih menjadi momok dalam pelaksanaan pilkada. Terlebih jelang hari pencoblosan. Karenanya, diperlukan pengawasan lebih melekat dengan turun ke lapangan untuk memantau situasi. Termasuk juga, kata dia, memantau prilaku aparatur pemerintah yang notabene adalah ASN.

”Siapa tahu ada Pak Camat mengumpulkan orang untuk mengarahkan memilih paslon tertentu. Jadi, bukan politik uang saja yang kami pantau, prilaku ASN juga,” tegasnya.

Kendati begitu, Candra mengaku hingga Minggu (6/12/2020) malam, pihaknya belum menemukan indikasi politik uang terjadi. Pun adanya mobilisasi massa oleh ASN.

”Tapi kita nggak tahu kalau malam ini atau besok malam. Makanya kami patroli 1 x 24 jam,” ucapnya.

Candra berharap, dengan patroli 1 x 24 jam, bisa mencegah politik uang terjadi di masyarakat. Setidaknya, imbuh dia, membuat pelaku politik uang tidak berani bereaksi lantaran keberadaan pengawas di lapangan.

”Nah, kalau memang ditemukan dan bisa dibuktikan, saya sudah minta langsung diproses. Pastinya, kami sekuat tenaga berusaha menjaga pilkada ini sesuai dengan koridor dan norma hukum yang berlaku,” pungkasnya.(rls)

Share :

335 views

Baca Juga

POLITIK

Dendi Ramadhona Bakal Bangun RPH dan Rumah Pengering Jagung
Kegiatan konsolidasi partai, serta Bhakti Sosial pemberian Santunan terhadap Anak yatim di Kantor DPD Partai Demokrat, Jumat (26/3/2021). Foto: Istimewa

NASIONAL

Gelar Doa Bersama Anak Yatim, Zulkifli Berharap Prahara di Partai Demokrat segera Berakhir

BANDAR LAMPUNG

Soal Eva Dwiana Nyaleg Atau Tidak, Ini Penjelasan Ketua PDIP Lampung Sudin

BANDAR LAMPUNG

Golkar Lampung Vaksinasi 1000 Dosis di Bandarlampung

POLITIK

Janji sang petahana

POLITIK

Yusran dan Benkis Kantongi Form B.1-KWK Demokrat

BANDAR LAMPUNG

Terungkap, Ini Alasan Demokrat Pecat Wakil Ketua III DPRD Lampung

BANDAR LAMPUNG

Mantan Pejabat Mabes Polri Gabung NasDem Lampung