Home / LAMPUNG UTARA / PEMERINTAHAN

Kamis, 6 Juni 2024 - 10:58 WIB

Forkopimda dan PWI Lampura Tanam Pohon Bersama, Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia

LampungCorner.com, LAMPUNG UTARA – Memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia Dinas Lingkungan Hidup dan dan Forkopimda serta PWI Lampung Utara gelar kegiatan Tanam Pohon dan Gerakan Memungut Sampah.

Kegiatan menanam pohon dipusatkan di Jalan KS Tubun Kelurahan Kota Alam Kecamatan Kotabumi Selatan kabupaten setempat. Kamis (6/6/2024).

Hadir dalam kegiatan, Plh Penjabat Bupati, Lekok, Forkopimda setempat kapala OPD, Camat, Lurah dan Ketua PWI Lampung Utara.

Kepala DLH Lampung Utara, Ina Sulistia mengatakan dasar pelaksanaan kegiatan ini adalah Surat Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia Nomor: S.114/MENLHK/SETJEN/SET.1/5/2024 tanggal 27 Mei 2024 perihal Penyampaian Pedoman Penyelenggaraan Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2024.

Selain itu kegiatan ini juga berdosa, Surat Edaran Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Nomor: 600.4.1/2339/V.10/2024 tanggal 31 Mei 2024 tentang Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2024 dan Surat Plh. Pj. Bupati Lampung Utara Nomor: 600.4/707/15.1-LU/2024 tanggal 31 Mei 2024 perihal Memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia.

” Maksud dan tujuan kegiatan ini dalam rangka peringatan hari lingkungan hidup sedunia, dengan mengusung tema “Penyelesaian Krisis Iklim dengan Inovasi dan Prinsip Keadilan,” kata Ina

Kegiatan ini jelas Ina, difokuskan pada kegiatan pemulihan lahan, pengendalian desertifikasi, dan ketahanan terhadap kekeringan. Menurutnya, hal ini penting karena dunia saat ini menghadapi tiga krisis yang semakin intens yaitu krisis perubahan iklim, krisis kerusakan alam dan kehilangan biodiversitas, serta krisis polusi dan limbah.

” Pemulihan dari degradasi lahan sangat penting. Lahan menjadi ruang hidup manusia, menyediakan makanan, pakaian, dan tempat perlindungan. Lahan mendukung perekonomian, kehidupan, dan mata pencaharian. Untuk ini perlu ditingkatkan ambisi dan investasi dalam upaya pemulihan lingkungan, memberikan momen “terobosan besar” bagi perbaikan lahan, sebagai upaya untuk mengatasi kekeringan,” jelasnya.

Lebih lanjut, Ina menjelaskan, Peringatan Hari Lingkungan Hidup tahun 2024 ini menjadi momen penting untuk terus menumbuhkan, meningkatkan kesadaran dan kepedulian secara konsisten dalam upaya memperbaiki lingkungan secara berkelanjutan.

” Untuk menyukseskan Hari Lingkungan Hidup Tahun 2024 ini, Pemerintah Kabupaten Lampung Utara melaksanakan serangkaian aksi lingkungan berupa kegiatan Penanaman Pohon Serentak dan kegiatan Bersih-Bersih Serentak yang dilaksanakan di seluruh Kabupaten Lampung Utara,” terangnya.

Kegiatan penanaman pohon penghijauan secara serentak ini lanjut Ina, melibatkan seluruh Perangkat Daerah, Instansi Vertikal, Camat, Kelurahan/Desa, UPTD Pendidikan (SD dan SMP) serta Pelaku Usaha se-Kabupaten Lampung Utara.

” Penanaman pohon penghijauan ini berjumlah 10.000 bibit pohon yang terdiri dari, 3000 batang bibit Damar, 3000 batang bibit Pulai, 2000 batang bibit durian dan 2000 bibit petani, semua bibit pohon ini diperoleh dari Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai Way Seputih-Way Sekampung, Direktorat Jenderal PDASRH Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia,” tukasnya.

Ina menambahkan, Pada Jumat (7/6/2024) DLH dan PWI Lampung Utara akan melaksanakan kegiatan bersih-bersih (Memungut Sampah) di Pasar Sentral Kotabumi.

Sementara itu Plh Penjabat Bupati Lampung Utara, Lekok mengatakan bahwa lingkungan alam yang kita diami ini memiliki arti yang sangat besar dan sangat menentukan bagi keberlangsungan hidup manusia.

” Sebagai mahluk yang di anugrahi kekayaan alam yang berlimpah, Sudah seharusnya kita menjaga dan melestarikan lingkungan hidup,” ungkap Lekok.

Dikatakannya, Pemkab Lampung Utara berupaya secara nyata agar lingkungan hidup dapat dipelihara dan lestari termasuk dalam hal penanganan dan pengelolaan sampah.

Disamping itu berbagai kegiatan sudah dilakukan dalam rangka untuk menjaga lingkungan agar tetap asri, bersih, sehat dan nyaman.

” Sebagai contoh kongkrit, pada hari ini yaitu melaksanakan penanaman pohon untuk kelestarian lingkungan,” ungkapnya.

Sementara, Ketua PWI Lampung Utara, Evicko Guantara mengapresiasi kegiatan pelestarian lingkungan dengan melaksanakan penanaman pohon untuk kelestarian lingkungan.

Dikatakan Vicko, terkait permasalahan lingkungan hidup adalah menjadi masalah kita bersama sebab lingkungan hidup tidak mengenal batas wilayah. Semua berpijak dicsatu bumi yang sama yang harus kita jaga dan pelihara serta kita lestarikan.

” Mari kita jadikan momen peringatan hari lingkungan hidup sedunia ini untuk mengkampanyekan kelestarian lingkungan. Dan besok PWI siap berkolaborasi untuk melaksanakan bersih-bersih dengan kegiatan memungut sampah di pasar sentral Kotabumi,” pungkasnya. (*).

Share :

161 views

Baca Juga

BANDAR LAMPUNG

Wakil Ketua DPRD Lampung Sosialisasikan Pembinaan Ideologi Pancasila

BANDAR LAMPUNG

Minimalisir Kekerasan pada Anak, Pemkot Bandarlampung Perkuat Edukasi

BANDAR LAMPUNG

Soal Calon Pj Gubernur Lampung, Sekda Fahrizal: Kita Tunggu Sejam Lagi

BANDAR LAMPUNG

Soal Pajak dan Penggunaan Tapping Box, Yanwardi: Rumah Makan Kecil Kita Sisir Juga

BANDAR LAMPUNG

Berikan Perlindungan Kepada Perempuan dan Anak, Aprilliati Gelar Sosperda di Sepang Jaya

PEMERINTAHAN

Wabup Fauzi Tinjau Pemeriksaan Golongan Darah di Gading Rejo

BANDAR LAMPUNG

Dua Kadis Mangkir Bahas RKA, Sekretaris Komisi IV DPRD Naik Darah

LAMPUNG UTARA

Pasca Penggeledahan Polisi, Pelayanan Disdukcapil Lampura Terhambat