Home / MESUJI

Kamis, 24 Juni 2021 - 09:57 WIB

Nelayan Wiralaga Diajarkan Buat Bubu Gendang, Upaya Menekan Overfishing

Kegiatan pelatihan pembuatan alat tangkap ikan ramah lingkungan di Desa Wiralaga I, Mesuji, Rabu (23/6/2021). Foto: Aripin

Kegiatan pelatihan pembuatan alat tangkap ikan ramah lingkungan di Desa Wiralaga I, Mesuji, Rabu (23/6/2021). Foto: Aripin

LAMPUGCORNER.COM, Mesuji – Bidang Perikanan Tangkap, Dinas Perikanan Mesuji mengadakan sosialisasi alat penangkap ikan ramah lingkungan, di Balai Desa Wiralaga I. Ada sebanyak 15 orang dari perwakilan kelompok nelayan yang mengikuti kegiatan pada Rabu, (22/6/2021).

Menurut Sekretaris Dinas Perikanan Ardi Umum, kegiatan diadakan untuk meningkatkan pengetahuan serta keterampilan nelayan kecil, dalam pembuatan alat tangkap ikan ramah lingkungan, seperti salah satunya jenis alat tangkap ikan bubu.

“Semoga dengan pembekalan ini nelayan bisa mengurangi bahkan menghilangkan penggunaan alat tangkap yang dilarang pemerintah seperti setrum, racun, dan lainnya,” ungkap Ardi.

Sumarsono selaku Kepala Bidang Perikanan Tangkap, Dinas Perikanan Mesuji menjelaskan, pihaknya giat menyosialisasikan penggunaan alat tangkap ikan yang ramah lingkungan untuk kelestarian alam yang berkelanjutan.

Pengawasan sumberdaya perikanan menurut pihak dinas terkait itu, merupakan kegiatan operasional pengelolaan sumberdaya perikanan agar tidak mudah rusak, akibat pemanfaatan sumberdaya perikanan yang berlebihan atau overfishing.

Pada kegiatan itu, salah satu tokoh nelayan Desa Wiralaga I Amri Pakuk menjadi pemateri pembuatan alat tangkap ikan jenis Bubu Gendang. Pelatihan dilakukan dengan praktik langsung, mulai dari persiapan bahan, perakitan bubu, hingga teknik perawatan dan perbaikan bubu agar lebih awet. (*)

Red

Share :

343 views

Baca Juga

Bupati Mesuji Saply Th menyerahkan bantuan dari Kemendag RI. FOTO: ISTIMEWA

MESUJI

Pemkab Mesuji Salurkan Bantuan untuk Masyarakat dari Kemendag

MESUJI

Bawa Satu Truk Sawit dari Kebun PT BSMI Mesuji, Tiga Pencuri Diringkus

MESUJI

Setop Pengguna Jalan, Satlantas Polres Mesuji Ajak Doa Bersama 60 Detik

MESUJI

72 Kendaraan dan 61 Senjata Api di Polres Mesuji Diperiksa

HUKUM

Tersangka Pembunuhan 7 Tahun Lalu di Mesuji Ditangkap, Ternyata Tetangga Desa Korban

MESUJI

Masa Tenang, Bawaslu Mesuji Gelar Kegiatan Apel Siaga Secara Serentak dan Penertiban Alat Peraga Kampanye

MESUJI

Dapat 10,5 Ton Benih Bawang Merah, Petani Mesuji Berharap Harga Jual Sesuai

MESUJI

Gawat! Baru 15 Hari, Ada Korban Tewas Tenggelam lagi di Kabupaten Mesuji