Home / MESUJI

Kamis, 24 Juni 2021 - 09:57 WIB

Nelayan Wiralaga Diajarkan Buat Bubu Gendang, Upaya Menekan Overfishing

Kegiatan pelatihan pembuatan alat tangkap ikan ramah lingkungan di Desa Wiralaga I, Mesuji, Rabu (23/6/2021). Foto: Aripin

Kegiatan pelatihan pembuatan alat tangkap ikan ramah lingkungan di Desa Wiralaga I, Mesuji, Rabu (23/6/2021). Foto: Aripin

LAMPUGCORNER.COM, Mesuji – Bidang Perikanan Tangkap, Dinas Perikanan Mesuji mengadakan sosialisasi alat penangkap ikan ramah lingkungan, di Balai Desa Wiralaga I. Ada sebanyak 15 orang dari perwakilan kelompok nelayan yang mengikuti kegiatan pada Rabu, (22/6/2021).

Menurut Sekretaris Dinas Perikanan Ardi Umum, kegiatan diadakan untuk meningkatkan pengetahuan serta keterampilan nelayan kecil, dalam pembuatan alat tangkap ikan ramah lingkungan, seperti salah satunya jenis alat tangkap ikan bubu.

“Semoga dengan pembekalan ini nelayan bisa mengurangi bahkan menghilangkan penggunaan alat tangkap yang dilarang pemerintah seperti setrum, racun, dan lainnya,” ungkap Ardi.

addgoogle

Sumarsono selaku Kepala Bidang Perikanan Tangkap, Dinas Perikanan Mesuji menjelaskan, pihaknya giat menyosialisasikan penggunaan alat tangkap ikan yang ramah lingkungan untuk kelestarian alam yang berkelanjutan.

Pengawasan sumberdaya perikanan menurut pihak dinas terkait itu, merupakan kegiatan operasional pengelolaan sumberdaya perikanan agar tidak mudah rusak, akibat pemanfaatan sumberdaya perikanan yang berlebihan atau overfishing.

Pada kegiatan itu, salah satu tokoh nelayan Desa Wiralaga I Amri Pakuk menjadi pemateri pembuatan alat tangkap ikan jenis Bubu Gendang. Pelatihan dilakukan dengan praktik langsung, mulai dari persiapan bahan, perakitan bubu, hingga teknik perawatan dan perbaikan bubu agar lebih awet. (*)

Red

add

Share :

320 views

Baca Juga

MESUJI

Diprotes Warga, PT PNS Turun Melihat Kerusakan Jalan Desa

MESUJI

72 Kendaraan dan 61 Senjata Api di Polres Mesuji Diperiksa

MESUJI

Tata Kelola Dibawah Standar, Taman Kehati Mesuji Telan Korban Jiwa

MESUJI

Warga Mesuji Meninggal karena Covid-19, Dua Hari Sebelumnya sang Istri Berpulang

MESUJI

Pelajar Rawan Alami Lakalantas, Polres Mesuji Sosialisasi Aturan di Jalan Raya

HUKUM

Ditinggal ke Kamar Mandi, Motor Warga Mesuji Ini Digondol Pencuri

MESUJI

Setelah Belasan Tahun, Wiralaga Kini Miliki Puskesmas Rawat Inap

MESUJI

Nyaris Terbakar, Damkartan Mesuji Berhasil Selamatkan Satu Rumah Warga