Home / BREAKING NEWS / HUKUM

Kamis, 21 Desember 2023 - 02:30 WIB

Ada Tiga Kasus Menonjol Jadi PR Polda Lampung

LampungCorner.com, LAMPUNG – Jelang ahir tahun 2023, Polda Lampung masih memiliki PR (pekerjaan rumah) yang belum terselesaikan. Hal itu diakui Kapolda Lampung Irjen Pol. Helmy Santika usai kegiatan persiapan personel jelang Nataru (Natal dan Tahun Baru) di Mapolda Lampung, Rabu (20/12/2023).

Kapolda juga mengakui pihaknya masih banyak kekurangan yang harus diperbaiki di tahun depan. Sebab, ada beberapa kasus menonjol yang belum terselesaikan di tahun 2023 menjadi PR atau catatan Polda Lampung.

“Yang baik kita pertahankan dan tingkatkan. Saya ingin jujur, bahwa kami selaku penanggung jawab di bidang kamtibmas (keamanan dan ketertiban masyarakat) masih banyak kekurangan,” ungkap Kapolda.

Kapolda menjelaskan, kasus menonjol yang menjadi catatan tersebut diantaranya kasus kaburnya tahanan narkoba jaringan internasional dari Rutan (Rumah Tahanan) Polda Lampung pada awal Desember 2023 lalu, kasus korupsi proyek bendungan Margatiga di Lampung Timur, dan kasus sengketa lahan.

“Mudah-mudahan semuanya (tahanan kabur) bisa kembali kita tangkap. Terkait kasus korupsi proyek bendungan, kami mendapat atensi penuh dari Pak Presiden dan Pak Gubernur,” jelasnya.

Kapolda menambahkan, potensi korupsi dalam proyek nasional tersebut mencapai ratusan miliar. Kasus ini masih dalam proses penyidikan Ditreskrimsus Polda Lampung.

“Urusan tindak pidana korupsi sudah kita tangani, tetapi proses penegakan hukum tidak boleh menggangu pekerjaan proyek nasional itu,” terangnya.

Masalah sengketa lahan, tambah Kapolda, dari data ATR/BPN, Provinsi Lampung menduduki nomor 4 masalah sengketa lahan tertinggi. Sengketa lahan ini sangat mudah memicu konflik horizontal di masyarakat. Dia mencontohkan kasus sengketa lahan PT Bumi Sentosa Abadi (PT BSA) dengan warga tiga kampung di Lampung Tengah.

“Kalau sengketa lahan bisa diselesaikan satu persatu, maka akan memberikan iklim investasi yang baik,” tandasnya. (*)

Laporan: Yusmu
Editor: Furkon Ari

Share :

1,246 views

Baca Juga

BANDAR LAMPUNG

Polisi Periksa Dua Saksi, Pasca Pelemparan Bom di Rumah Ketua GP Ansor

HUKUM

Curi Dua Karung Biji Kopi, Dua Warga Lampura Ditangkap

BANDAR LAMPUNG

Kalah dari Gus Yahya, Said Aqil: Kita Harus Bergandengan Tangan Besarkan NU

BANDAR LAMPUNG

Kasus Gratifikasi ATM, KPK Minta Keterangan Dua Anggota DPRD Lampura

HUKUM

Pimpinan KKB Berhasil di Tangkap Satgas Ops Nemangkawi

HUKUM

IRT Ditangkap Polisi Lantaran Miliki 9 Kg Sabu-2.800 Butir Ekstasi

BANDAR LAMPUNG

Kejari Tunjuk JPU untuk Oknum Guru Ngaji Cabuli Murid di Kemiling
Sadimin, oknum anggota DPRD Tubaba yang diamankan polisi. FOTO: HUMAS POLRES TUBABA

HUKUM

Buat Laporan Palsu Foto Syur, Oknum DPRD Tubaba Diamankan