Home / MESUJI

Minggu, 11 Februari 2024 - 20:29 WIB

Masa Tenang, Bawaslu Mesuji Gelar Kegiatan Apel Siaga Secara Serentak dan Penertiban Alat Peraga Kampanye

LampungCorner.com, MESUJI – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Mesuji menggelar apel siaga masa tenang Pemilu 2024 yang diselenggarakan secara serentak se-Provinsi Lampung.

Kegiatan itu berlangsung di lapangan alun-alun Simpang Pematang, Kecamatan Simpang Pematang, kabupaten setempat Minggu (11/02/2024).

Kegiatan itu dilaksanakan bertujuan meningkatkan kualitas pengawasan atau kesiagaan memasuki masa tenang pemilu 2024 sejak H-3. Hal itu disampaikan langsung oleh Ketua Bawasu Mesuji Deden Cahyono melalui sambutannya.

addgoogle

Dikatakan Deden, Apel siaga ini di selenggarakan sesuai tahapan yang wajib dilaksanakan secara serentak se Provinsi Lampung, dengan melibatkan setiap unsur maupun stakeholder dan seluruh panitia pengawas disetiap tingkatan.

“Dalam hal ini selain wajib terlaksana memasuki masa tenang, kegiatan ini juga guna mempererat dan menguatkan kembali sistem pengawasan pihak Bawaslu dalam mengantisipasi hal yang berkaitan pelanggaran pemilu memasuki masa tenang,” ujar Deden.

Dia menuturkan, penertiban di masa tenang pemilu selain menjadi tugas utama pihak Bawaslu, namun sejatinya ketenangan, ketertiban, suasana aman dan damai serta kondusif adalah tugas bersama disetiap lapisan.

“Kita jaga dan awasi bersama keselarasan dalam pemilu 2024. Kita wujudkan bersama pesta demokrasi yang adil, aman, damai serta kondusif. Karena ini tugas kita bersama, sesuai moto Bawaslu “Bersama Rakyat Awasi Pemilu Bersama Bawaslu Tegakkan Keadilan Pemilu”,” jelas dia.

Lebih lanjut, Komisioner Bawaslu Mesuji Divisi Penanganan Penyelenggaraan dan Penyelesaian Sengketa Robby Ruyuda mengatakan, masa tenang pemilu terhitung sejak H-3 sampai H-1 sebelum masa pemilihan.

Sebab itu pihaknya berupaya untuk melakukan penertiban secara maksimal Alat Peraga Kampanye (APK) dan alat peraga lainnya berkaitan pelanggaran pemilu di masa tenang sesuai waktu yang ditentukan.

“Kegiatan hari ini dalam rangka Apel siaga menjelang masa tenang pemilu 2024 yang terlaksana secara serentak. Dan hari ini merupakan hari pertama memasuki masa tenang, dimana setelah kegiatan ini kita segera terjun kelapangan untuk melakukan penertiban APK di setiap titik,” ungkap Robby kepada Lampung Corner.

Dijelaskannya, dalam kegiatan penerbitan masa tenang ini melibatkan sejumlah stakeholder baik Instansi Polri – TNI Pemerintahan Daerah melalui Satpol PP dan Dinas perhubungan yang turut serta dalam penertiban APK. Dan pihaknya pun sudah melakukan himbauan kepada seluruh partai politik untuk segera melakukan pembersihan APK mandiri oleh setiap peserta pemilu.

“Kegiatan pembersihan APK nanti kita akan lakukan secara serentak dengan berbagi wilayah dan membentuk TIM dengan 3 titik koordinat yang pertama arah Sumatra Selatan, kedua diarah Simpang Asahan dan ketiga di bagian arah dari tugu pengantin selamat datang menuju arah kantor pemda dan seterusnya besok akan dilanjutkan di setiap masing kecamatan,” terangnya.

Dia menambahkan memasuki masa tenang Bawaslu Mesuji juga telah mempersiapkan perlengkapan menjelang masa tenang dengan menyiapkan posko pengaduan yang berkaitan pelanggaran dan dugaan pidana pemilu sesuai aturan undang-undang berlaku.

“Harapan seluruh masyarakat juga stakeholder dan siapapun yang melihat mendengar adanya dugaan pelanggaran oleh para peserta pemilu untuk dapat segera melaporkan ke Bawaslu Mesuji atau melalui Panwascam di kecamatan masing-masing,” tegasnya.

Hadir langsung dalam kegiatan tersebut Kapolres Mesuji AKBP Ade Hermanto, Danramil Mesuji yang diwakili, Kejari Mesuji diwakili Kasi Intel Ardi Herliansyah, Kesbangpol Mesuji, Kasat Pol PP Mesuji Drs. Widada, Camat Simpang Pematang Rolia Dityawan, dan seluruh anggota Panwascam, PPL, serta sejumlah tamu undangan. (*)

Laporan: Kotan
Editor: Furkon Ari

add

Share :

112 views

Baca Juga

MESUJI

123 Sapi dan 98 Kambing Kurban di Mesuji Dinyatakan Sehat

MESUJI

Pertama di Lampung, Pemkab Mesuji Terapkan Tanda Tangan Elektronik

KESEHATAN

45 Jenis Tanaman Obat Akan Ada di Semua Kantor Dinas Mesuji

HUKUM

Setahun Buron, Dua Warga Mesuji Ditangkap Terkait Kasus Curat-Curanmor di 7 TKP

MESUJI

Warga Mesuji Meninggal karena Covid-19, Dua Hari Sebelumnya sang Istri Berpulang
Kabag Ops Polres Mesuji AKP HD Pandiangan./Foto: Aripin

MESUJI

Rawan C3 Sampai Lebaran di Mesuji, Polisi Minta Warga Aktifkan Ronda

MESUJI

Mesuji Targetkan 2.368 Akseptor KB, Saply TH: Saya Yakin Target Tercapai
Suasana peletakkan batu pertama pembangunan Perpustakaan Mesuji. FOTO: ISTIMEWA

MESUJI

Pembangunan Perpustakaan Mesuji Senilai Rp9,7 Miliar Dimulai