Home / TULANGBAWANG BARAT

Selasa, 16 Januari 2024 - 20:02 WIB

Pemkab Tubaba Ajak Masyarakat Manfaatkan Perpustakaan Daerah

Kepala Dispusipda Kabupaten Tubaba, Rodianto. Foto Rian

Kepala Dispusipda Kabupaten Tubaba, Rodianto. Foto Rian

LampungCorner.com, TUBABA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tulangbawang Barat (Tubaba), Provinsi Lampung, mengajak seluruh masyarakat untuk memanfaatkan keberadaan perpustakaan daerah yang telah dibangun sebagai tempat berliterasi.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (Dispusipda) Kabupaten Tubaba Rodianto, mengatakan bahwa perpustakaan daerah menjadi tempat masyarakat dalam meningkatkan minat baca dan mencari berbagai referensi ilmu pengetahuan.

“Kabupaten Tubaba ini sudah ada gedung perpustakaan daerah yang megah dari hasil pembangunan Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2022, dan mulai kita operasikan sejak Oktober 2023 lalu, serta direncanakan akan dilaunching secara simbolis pada Maret atau April 2024 mendatang oleh Perpusnas RI,” kata Rodianto saat dikonfirmasi Lampung Corner di ruang kerjanya, Selasa (16/01/2024).

addgoogle

Oleh karenanya, lanjut Rodianto, pihaknya mengajak agar masyarakat dapat memanfaatkan sebaik mungkin kehadiran perpustakaan daerah. Bukan hanya sebagai tempat membaca, tetapi juga sebagai ruang publik, seperti menggelar kegiatan pelatihan-pelatihan oleh komunitas literasi, diskusi pemuda-pemudi, dan kegiatan komunikasi lainnya tanpa harus dikenakan biaya sewa gedung.

“Untuk sarana dan prasarana di perpustakaan daerah Tubaba ini sudah cukup lengkap, mulai dari ruangan yang luas dan nyaman, tempat duduk, rak buku, hingga ruang bermain anak,” ujarnya.

Kata Rodianto, pihaknya saat ini juga sedang mempersiapkan berbagai layanan digital di gedung perpustakaan daerah, dan mengintegrasikan semua bahan bacaan yang ada di sistem layanan digital tersebut, sehingga nantinya dapat mempermudah pengunjung untuk mencari bahan bacaan apa yang ingin dilihat.

“Total terdapat 11 ribu jenis bahan bacaan yang telah tercatat di perpustakaan daerah Tubaba, baik bahan bacaan anak-anak, pertanian, perkebunan, kuliner, kebudayaan, dan lain-lain. Kemudian, kita juga terus menghimpun, menyimpan, melestarikan, dan mendayagunakan semua karya-karya cetak dan karya rekam yang dihasilkan putra-putri daerah,” terangnya.

Menurut Rodianto, berdasar nilai Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat (IPLM) Provinsi Lampung tahun 2023, Kabupaten Tubaba telah berhasil mencapai nilai 64,11, atau tertinggi ke 3 se Provinsi Lampung.

“Oleh karenanya, saya berharap dengan hadirnya perpustakaan daerah Tubaba ini, maka IPLM atau pengukuran terhadap usaha yang dilaksanakan oleh Pemkab dalam membina dan mengembangkan perpustakaan sebagai wahana belajar sepanjang hayat untuk mencapai budaya literasi masyarakat juga dapat meningkat dan lebih baik lagi kedepannya,” pungkasnya. (*)

Laporan: Rian
Editor: Furkon Ari

add

Share :

147 views

Baca Juga

TULANGBAWANG BARAT

Call Center 110 Polres Tubaba Siap Layani Pengaduan Masyarakat

TULANGBAWANG BARAT

Sanksi Pelaku Pemalsuan Tanda Tangan, BKPSDM Tubaba: Tunggu LHP Inspektorat

TULANGBAWANG BARAT

Enam Bulan Tertunda, Kadinkes Janji Insentif Nakes Tubaba Cair Pekan Depan

TULANGBAWANG BARAT

Pemkab Tubaba Raih Penghargaan APE dan KLA

TULANGBAWANG BARAT

Warga Gunung Batin Diamankan Satresnarkoba Tubaba, Diduga Bandar Sabu

TULANGBAWANG BARAT

Klinik Pratama Ar-Raudah Medika Diduga Lalai, Nyawa Pasien Nyaris ‘Lewat’

TULANGBAWANG BARAT

69 Kepala Tiyuh Terpilih Dilantik 21 Desember, Sofyan: Hanya Dihadiri Istri dan Ketua BPT

TULANGBAWANG BARAT

Besok Anies Baswedan Sandang Gelar Marga Empat Tubaba