Home / INTERNASIONAL

Rabu, 14 Oktober 2020 - 17:09 WIB

Astagfirullah! Corona Belum Mereda, Norovirus Kini Ikut Melanda

FOTO SCREENSHOOT WIKIPEDIA/NET

FOTO SCREENSHOOT WIKIPEDIA/NET

LAMPUNGCORNER.COM, BANDARLAMPUNG – Wabah virus Corona (Covid-19) belum juga kunjung terselesaikan. Jumlah penderitanya di dunia kian meningkat. Tidak terkecuali di Indonesia.

Penanganan terhadap virus yang bermula dari Kota Wuhan, Tiongkok itu terus dilakukan masing-masing negara di dunia. Penduduk bumi pun memulai pola hidup baru di era pandemi ini. Tujuannya agar terhindar dari Covid-19.

Kendati begitu, belum juga Corona mereda di dunia, kini muncul virus baru yang melanda. Nama virus itu adalah Norovirus.

Virus itu juga dilaporkan sedang menyerang Tiongkok. Melansir Kompas.com, dilaporkan sebanyak 11 kasus mahasiswa di sebuah universitas di Taiyuan, ibu kota Provinsi Shanzi dilaporkan positif terjangkit Norovirus.

Berdasarkan pemberitaan media itu pada Senin (12/10/2020), sekitar 70 mahasiswa mengalami diare dan muntah-muntah. Kemudian, Departemen Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) di Taiyuan mengambil sampel 28 kasus mahasiswa tersebut untuk melakukan tes norovirus pada Rabu dan Sabtu (10/10/2020).

Hingga Minggu (11/10/2020), sebanyak 22 pasien yang mengalami diare dan muntah-muntah akibat virus ini maupun faktor lainnya, masih dirawat di rumah sakit.

Lalu apakah norovirus? Dikutip dari Wikipedia, adalah genus virus di dalam keluarga Caliciviridae. Norovirus hanya memiliki satu spesies, yaitu Norwalk virus.

Virus ini merupakan penyebab paling umum gastroenteritis nonbakterial di seluruh dunia. Norovirus menyerang orang-orang dari segala usia dan ditularkan melalui makanan yang terkontaminasi melalui transmisi fekal–oral. Infeksi ditandai oleh diare tak berdarah, muntah, dan mulas.(*)

Share :

309 views

Baca Juga

INTERNASIONAL

Presiden Ukraina Siap Damai dengan Rusia

INTERNASIONAL

Jelang Pembatasan Kegiatan, Hong Kong Kekurangan Pasokan Sayuran 

INTERNASIONAL

PM Australia Sebut Rencana Kehadiran Putin ke Indonesia Keterlaluan

INTERNASIONAL

Kisah 30 Wanita Indonesia Jadi Penghuni Pertama dan Pendiri Madagaskar

INTERNASIONAL

Ancaman Invasi Rusia Meningkat, 150 Tentara AS Diminta Tinggalkan Ukraina  

INTERNASIONAL

8 Tahun Penuh Ketegangan, Ini Fakta-Fakta Pemberontakan di Ukraina Timur

INTERNASIONAL

Kasus Positif Varian Omicron Meroket, Prancis Cetak Rekor 232.200 Kasus COVID-19

INTERNASIONAL

Aklamasi, Rino Panduwinata Jabat Ketua PWI Kota Metro