Home / Lampungcorner.com

Selasa, 8 Desember 2020 - 19:22 WIB

UIN Raden Intan Naik Kelas, Raih Peringkat 10 Kampus Hijau Berkelanjutan

Rektor UIN RIL Prof. Moh. Mukri /FOTO ISTIMEWA

Rektor UIN RIL Prof. Moh. Mukri /FOTO ISTIMEWA

Prestasi ditunjukkan Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung (RIL). Universitas ini meraih peringkat 10 kampus hijau berkelanjutan penilaian UI GreenMetric 2020.

Penilaian ini naik dari tahun sebelumnya yakni peringkat 11 sekaligus mengukuhkan UIN Raden Intan sebagai kampus hijau terbaik di luar Pulau Jawa.

Selain masuk ke dalam 10 besar, UIN RIL juga mendapat penghargaan lain yakni The Most Sustainably Innovative University in Indonesia atau sebagai kampus inovatif dalam pengembangan kampus hijau berkelanjutan. Pengumuman tersebut dilaksanakan secara daring melalui aplikasi Zoom, Senin (7/12/2020).

Rektor UIN RIL Prof. Moh. Mukri mengucapkan rasa syukur atas perolehan tersebut. Menurutnya, semua yang dicapai dan penghargaan yang diraih oleh UIN, tidak terlepas dari kerja sama seluruh elemen warga kampus.

”Alhamdulillah, UIN Raden Intan masuk ke dalam 10 besar nasional penilaian UI GreenMetric. Ini merupakan pengakuan dari lembaga internasional yang kredibel terhadap kampus UIN. Semoga ini dapat menginsiprasi kita semua khususnya dalam upaya melestarikan lingkungan,” ujarnya melalui press releasenya yang dikirimkan ke Rilislampung.id (Lampungcorner.com Group), Senin (7/12/2020) malam.

Prof. Mukri juga mengingatkan kepada pimpinan dan seluruh sivitas akademika untuk tidak cepat puas dalam penghargaan tersebut. Ia mengajak untuk tetap konsisten dan berkomitmen dalam mewujudkan visi UIN yakni sebagai kampus rujukan internasional dalam pengembangan ilmu keislaman integratif-multidisipliner berwawasan lingkungan tahun 2035.

Pemeringkatan kampus hijau berkelanjutan ini diikuti oleh 88 perguruan tinggi se-Indonesia dan 912 perguruan tinggi seluruh dunia dari 84 negara.

Peringkat sepuluh besar The Most Sustainable University in Indonesia tahun 2020 itu adalah Universitas Indonesia; Universitas Diponegoro; Universitas Gajah Mada; Institut Pertanian Bogor; Institut Teknologi Surabaya; Universitas Negeri Semarang; Universitas Sebelas Maret; Universitas Islam Indonesia; Telkom University; UIN Raden Intan Lampung.

Adapun penghargaan lain yang diberikan yakni UIN Raden Intan Lampung sebagai The Most Sustainably Innovative University in Indonesia; Institute Teknologi Sumatera sebagai The Most Sustainably Improved University in Indoneisa; Universitas Sumatera Utara sebagai The Most Active University in UI GreenMetric, dan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa sebagai The Best New Participating University.

Pada pengumuman tersebut, turut hadir Menteri Riset dan Teknologi, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, serta Menteri Lingkungan Hidup atau yang mewakili dan para Rektor Perguruan Tinggi se-Indonesia.(rls)

Share :

447 views

Baca Juga

Lampungcorner.com

Stabilisasi Harga Bahan Pokok, Pemkab Tubaba Gandeng Bulog

Lampungcorner.com

Warga Tubaba Diminta Waspadai Bencana Banjir

Lampungcorner.com

Pembentukan Panwascam Tunggu Instruksi Bawaslu RI

Lampungcorner.com

Pemkab Tubaba Terapkan Perbup 27-28, Ketua Komisi I DPRD : Minta Dikaji

Lampungcorner.com

Dua Kepala Tiyuh Meninggal PJ Bupati Lantik Penjabat Hasil PAW

Lampungcorner.com

Rehab Gedung SMAN 2, Rekanan Diduga Menggunakan Material Bekas

Lampungcorner.com

Dinas Perpustakaan Helat Berbagai Perlombaan

Lampungcorner.com

Ada Apa Hubungan DPRD Dan PJ Bupati Firsada