Home / PENDIDIKAN

Senin, 21 Juni 2021 - 14:34 WIB

Dosen dan Mahasiswa IIB Darmajaya Bantu Pemasaran UMKM Pesawaran

Foto: Istimewa

Foto: Istimewa

LAMPUNGCORNER.COM – Dosen Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya membantu pemasaran Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung.

Ketiga dosen yang melakukan pengabdian masyarakat dengan diketuai oleh Sri Lestari bersama dua anggota yakni Yulmaini dan Rio Kurniawan serta satu mahasiswa yaitu Indra Wijaya.

Dosen Fakultas Ilmu Komputer tersebut membantu dalam pengembangan website dan marketplace di Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Pesawaran, sebagai pusat informasi profil dan potensi UMKM melalui pelatihan dan pendampingan.

Sri Lestari mengatakan, Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Pesawaran memiliki 8.742 UMKM yang tersebar di 11 kecamatan. Banyaknya UMKM yang dibina dengan berbagai usaha dan produk tentunya pihak Dinas UMKM memiliki PR besar untuk mendukung perkembangannya.

Pandemi Covid-19, kata dia, merupakan masa sulit bagi UMKM, sebagian besar mengalami penurunan pendapatan bahkan ada yang gulung tikar.

“Salah satu faktor yang menjadi penyebabnya adalah susahnya memasarkan produk yang selama ini dipasarkan secara konvensional. Kenyataannya masih begitu banyak UMKM yang belum bisa mengikuti perkembangan zaman memasarkan produk secara online,” ungkapnya.

Menurutnya, dari hal tersebut bersama rekan dosen lainnya mengembangkan website Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Pesawaran yang berisi profil dan juga marketplace online untuk UMKM yang ada.

Kemudian, juga memberikan pelatihan dan pendampingan terhadap operator di dinas tersebut untuk pengelolaan website.

“Pelatihan dan pendampingan terhadap UMKM yang ada agar bisa melakukan pemasaran secara online di marketplace yang telah disediakan,” ucapnya.

Kegiatannya, lanjut dia, mulai berjalan pada 3 Maret 2021 dengan melakukan diskusi untuk menggali kebutuhan pengelolaan website dan pengembangan marketplace. Bulan April 2021, digelar kegiatan pelatihan dan pendampingan operator untuk pengelolaan website.

Ia melanjutkan pada 14 Juni 2021 melakukan kunjungan ke UMKM untuk pengambilan data profil.

“Kita berharap dengan adanya pelatihan dan pendampingan UMKM di Kabupaten Pesawaran dengan mengoptimalkan pemanfaatan teknologi informasi akan meningkatkan penjualan dan pendapatan yang diperoleh,” tutupnya. (*)

Red

Share :

312 views

Baca Juga

BANDAR LAMPUNG

SMA TMI Tangguh Bencana Lewat PKM Dosen-Mahasiswa Universitas Teknokrat Indonesia

BANDAR LAMPUNG

SLB Negeri PKK Lampung Diresmikan, Wujudkan Hak Pendidikan yang Merata

BANDAR LAMPUNG

Welcome, Ratusan Mahasiswa MM Universitas Saburai Ikuti Matrikulasi

PENDIDIKAN

PKBI – AJI Gelar Workshop Meliput Isu Hak Kesehatan Seksual dan Reproduksi

PENDIDIKAN

Kabar Gembira Bagi Wartawan! Kuliah di IIB Darmajaya Hanya Bayar 50 Persen

PENDIDIKAN

LLDikti Wilayah II Sebut Darmajaya Bisa Bersaing di Kancah Internasional

BANDAR LAMPUNG

Awalnya Minder dengan Kemampuan Bahasa Inggris, Winni Kini Jadi Lulusan Terbaik

PENDIDIKAN

ITB Pastikan Mahasiswa SBM Tetap Kuliah