Home / LAMPUNG TIMUR / NASIONAL

Jumat, 10 November 2023 - 17:45 WIB

Kisah Ulama KH Ahmad Hanafiah yang Dianugerahi Pahlawan Nasional 2023, Melawan Penjajah dengan Semangat Jihad

Momen saat KMS Tohir Hanafi selaku Ahli Waris menerima tanda gelar pahlawan nasional kepada almarhum KH Ahmad Hanafiah di Istana Negara Jakarta, Jum'at 10 November 2023. Foto: IST

Momen saat KMS Tohir Hanafi selaku Ahli Waris menerima tanda gelar pahlawan nasional kepada almarhum KH Ahmad Hanafiah di Istana Negara Jakarta, Jum'at 10 November 2023. Foto: IST

Lampungcorner.com, Lampung Timur – Belanda dan Jepang dengan semangat jihad.

Salah satu perjuangannya yang terkenal adalah saat melawan agresi Belanda dari Palembang ke Lampung. Dia juga memimpin perang gerilya melawan Belanda selama Agresi Militer I tahun 1947.

Jiwa patriot KH.Ahmad Hanafiah pun terpanggil untuk mempertahankan kemerdekaan RI. KH.Ahmad Hanafiah mengkordinir para pejuang Laskah Hizbullah dari berbagai wilayah di Lampung, Kemudian, memimpin perang gerilya melawan Belanda bersama TNI.

Laskar Hizbullah pimpinan KH.Ahmad Hanafiah bersama Laskar Sabilillah yang bersenjatakan golok tidak gentar menghadapi pasukan Belanda yang bersenjata lengkap pada pertempuran sengit yang terjadi di wilayah Baturaja arah Martapura. Karenanya, pejuang dari Hizbullah dan Sabilillah disebut juga dengan laskar golok.

Keberanian pejuang laskar golok sangat ditakuti pasukan Belanda.

Namun, karena kalah dalam persenjataan, banyak anggota laskar golok yang gugur dan tertawan. KH.Ahmad Hanafiah yang tertawan. Dari berbagai sumber, KH.Ahmad Hanafiah disebut kebal peluru.

Karenanya, pada 17 Agustus 1947, Belanda mengeksekusi KH.Ahmad Hanafiah dengan cara dimasukkan ke dalam karung kemudian ditenggelamkan di sungai ogan.

Karenanya, hingga saat ini jasad dan makam KH.Ahmad Hanafiah yang memiliki 2 putri dan 1 putra serta 22 cucu ini tidak ditemukan. Tetapi perannya sebagai pejuang kemerdekaan Indonesia diakui dan dihormati negara sebagai pahlawan nasional. (*)

Share :

837 views

Baca Juga

HUKUM

Sikap IDI Lamtim Terkait Pelaksanaan Hukum Kebiri untuk Pelaku Pencabulan Anak Di Bawah Umur

NASIONAL

Pendaftar MyPertamina Tembus 1 Juta, 70 Persen Pengguna Pertalite

LAMPUNG TIMUR

Azwar Hadi Lakukan Patroli Sitkamtibmas pada Malam Takbir Hari Raya Idul Fitri 1443 H

NASIONAL

Lembaga Riset dari Australia Gandeng Universitas Udayana

NASIONAL

Pemkot Bandung Lantik 319 Pegawai dengan Perjanjian Kerja

NASIONAL

Pengusaha Murka UMP DKI 2022 Direvisi Jadi 5,1 Persen, Anies: Ini Akal Sehat Saja

LAMPUNG TIMUR

Dandim-Kapolres Kompak Bagikan Sembako untuk Warga Terdampak Covid-19, Bupati Kapan?

NASIONAL

Kasus Omicron Melejit Hingga 802 Orang, Terbanyak dari Pelaku Perjalanan LN