Home / PEMERINTAHAN

Rabu, 7 Juli 2021 - 20:29 WIB

Setop Pupuk Kimia, Ini Cara Manfaatkan Batang Pisang untuk Jadi Pupuk Organik

Kabid Bina Usaha Dinas Perkebunan Way Kanan Rohim (tengah), saat menyampaikan cara pembuatan pupuk organik, Rabu (7/7/2021). Foto: Yulianto

Kabid Bina Usaha Dinas Perkebunan Way Kanan Rohim (tengah), saat menyampaikan cara pembuatan pupuk organik, Rabu (7/7/2021). Foto: Yulianto

LAMPUNGCORNER.COM, Waykanan — Dinas Perkebunan Kabupaten Waykanan memberikan pembinaan dan pelatihan pembuatan pupuk organik pada masyarakat Kampung Rantau Temiang, Kecamatan Banjit dan Kampung Gunung Sari, Kecamatan Rebang Tangkas, Rabu (7/7/2021).

Menurut Kepala Bidang Bina Usaha, Dinas Perkebunan Waykanan Rohim, tujuan pelatihan dan pembinaan itu sebagai upaya mengurangi ketergantungan petani dalam penggunaan pupuk kimia.

“Pupuk organik dapat menyuburkan tanaman. Selain itu pupuk organik juga ramah lingkungan,” ungkapnya.

addgoogle

Petani diharapkan memiliki keterampilan mengolah pupuk organik mandiri, apalagi bahan-bahannya mudah didapat dan pembuatannya tidak terlalu sulit.

Bahan-bahan yang bisa digunakan seperti kotoran ternak, sampah daun-daun kering, hingga batang pohon pisang yang ditebang usai panen, yang biasanya dibuang begitu saja.

Caranya, batang pohon pisang dicacah hingga berukuran kecil, kemudian sebagai aktivator bisa melarutkan EM-4. Lalu disiram merata sampai mencapai kelembapan 60 persen. Kemudian ditutup menggunakan terpal.

Proses dilakukan pembalikan dengan interval setiap tujuh hari sekali selama 24 hari, untuk menyediakan oksigen baru dan penurunkan panas yang bisa lebih tinggi dari 65 derajat celcius.

“Pada hari ke 24 sampai 28, dilakukan pendinginan dan pematangan baru setelah itu pupuk organik siap digunakan,” pungkas Rohim. (*)

Red

add

Share :

331 views

Baca Juga

BANDAR LAMPUNG

Sudah Akhir Tahun, APBD Bandarlampung 2021 Baru Terserap 50 Persen

BANDAR LAMPUNG

Bersikeras Pakai Cash Register, Alasan Bakso Sony Batal Damai dengan Pemkot

BANDAR LAMPUNG

Rumah Sakit Umum Penuh, Pemkot Siapkan RS Unila untuk Pasien Corona

BANDAR LAMPUNG

PW IKA PMII Lampung Apresiasi Lahirnya Perpres Pendanaan Penyelenggaraan Pesantren

BANDAR LAMPUNG

DLH Bandarlampung Akui Ada 27 Mobil Sampah Sudah Tak Layak Jalan

BANDAR LAMPUNG

Optimalisasi Aplikasi Pencari Kerja, ‘Si Gajah’ Lampung Siapkan Program Magang

BANDAR LAMPUNG

Janji BPKAD, Upah Petugas Kebersihan Dibayar Senin 30 Mei

NASIONAL

KPK Pecat 51 Pegawai yang Tak Lolos Tes Wawasan Kebangsaan