Home / BISNIS / TULANG BAWANG

Selasa, 15 Juni 2021 - 10:24 WIB

Agen Travel Jual Potensi Wisata di Lampung Barat

Kadispora Tri Umaryani bersama dengan rombongan IFTA di rumah produksi Ratu Luwak Coffee Liwa, Senin (14/6/2021). FOTO: RILISIDLAMPUNG/ Ari Gunawan

Kadispora Tri Umaryani bersama dengan rombongan IFTA di rumah produksi Ratu Luwak Coffee Liwa, Senin (14/6/2021). FOTO: RILISIDLAMPUNG/ Ari Gunawan

LAMPUNGCORNER.COM, Lampung BaratPerkumpulan agen travel dari beberapa wilayah di luar Lampung yang tergabung dalam Indonesia Fighter Tourism Association (IFTA) berkunjung ke Kabupaten Lampung Barat (Lambar), Senin (14/6/2021).

Ketua Umum IFTA, Hendra Perdana, mengatakan dirinya beserta rombongan selama tiga hari akan mengeksplorasi destinasi wisata, agrowisata, dan kearifan lokal di Lambar.

“Tujuannya tentu untuk paket wisata. Ketika di Jakarta ada yang ingin berwisata di Lambar akan kita tawarkan lokasi wisata sekaligus paket harganya melalui agen travel kita masing-masing,” papar Hendra.

Alasan lain, kata Hendra, ketertarikan pihaknya bersama rombongan di Lambar ialah perihal potensi yang tidak dimiliki oleh daerah lain.

“Hasil survei kita beberapa waktu lalu di Lambar memiliki kebudayaan, potensi alam dan agrowisata yang khas, salah satunya iya sekarang ini kopi luwak,” ungkapnya.

Lanjut Hendra, wadah travel agen yang baru berumur satu tahun tersebut untuk mengenalkan lokasi tujuan wisata di luar lima Destinasi Super Prioritas (DSP), yang difokuskan Kemenparekraf yaitu Danau Toba, Borobudur, Mandalika, Labuan Bajo, dan Likupang.

“Kita mengeksplorasi di luar lima DSP itu. Nah Lambar sejauh ini satu-satunya dari kabupaten lain yang layak kita promosikan serta bernilai jual. Nantinya Lambar akan kita masukan lokasi tujuan di platform infolibur.com, lamannya bisa dikunjungi kok,” ungkap Hendra.

Sementara, owner Ratu Luwak Coffee Liwa, Sapri, mengucapkan terima kasih kepada rombongan yang telah bersedia singgah di kedai Ratu Luwak untuk menikmati cita rasa kopi Lambar.

“Saya sangat berterima kasih atas kunjungan IFTA, yang mana dapat dengan langsung menyaksikan pengolahan kopi luwak, mulai dari penangkaran luwak, hingga pengolahan kopi, sampai pada menikmati cita rasa kopi luwak,” ucap Sapri.

Dia berharap ke depannya kopi Ratu Luwak dapat menjadi rekomendasi agrowisata untuk wisatawan yang akan berkunjung ke Lambar.

Di lain pihak Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Lambar, Tri Umaryani, menjelaskan kegiatan ini pihaknya memfasilitasi dalam rangka mengenalkan potensi-potensi wisata, agrowisata, kearifan lokal di Lambar kepada agen-agen wisata luar kabupaten bahkan di luar Provinsi Lampung.

Hal tersebut juga dalam rangka pemulihan ekonomi di Lambar, terutama pada sektor wisata.

“Kita ketahui bahwa saat ini sektor pariwisata adalah sektor yang paling terdampak akibat pandemi Covid-19 yang melanda saat ini,” kata Tri Umaryani.

“Pesertanya ada dari Medan, Batam, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Jabodetabek dan lainnya. Rencananya kunjungan tersebut selama tiga hari mulai hari ini hingga lusa. Besok agendanya akan ke Kecamatan Suoh,” imbuhnya.

Harapannya, tambah Tri Umaryani, setelah adanya ’Famtrip’ ini, maka agen-agen travel ini bisa membawa lagi rombongan wisatawan untuk berwisata ke Lampung Barat.

Untuk diketahui, sebanyak 50 peserta yang tergabung dalam IFTA tersebut yang akan berkeliling Lampung Barat selama tiga hari ke depan dan didampingi oleh pihak dinas Pariwisata. (*)

Red

Share :

387 views

Baca Juga

TULANG BAWANG

Satu dari Dua Pelaku Curat Rumah di Ujung Gunung Menggala Ditangkap Polisi

TULANG BAWANG

Staf Ahli Bupati, Indra Permana Lepas Keberangkatan 30 Delegasi PWI Tuba Menuju Medan

TULANG BAWANG

Bupati Winarti, Hadiri Pelantikan Ketua Pengadilan Negeri Menggala

TULANG BAWANG

KH. Abdulloh Nawawi, Lantik Lembaga Ta’lif Wan Nasyr Nahdlatul Ulama (LTN-NU) Tuba Periode 2023 – 2028

TULANG BAWANG

Pemkab Tuba Raih Penghargaan Best Leaders of Indonesia 2023 dan Best Innovation and High Performance 2023

TULANG BAWANG

TULANG BAWANG

Pondok Pesantren (Ponpes) Bahari Al-Islam Tuba Menggelar acara Pelepasan Siswa-siswi TK/Paud dan SDS

BANDAR LAMPUNG

Sejarah! Indonesia Catat Surplus Dagang Tertinggi dari Tiga Negara Ini