Home / BANDAR LAMPUNG / HUKUM

Selasa, 15 Juni 2021 - 10:05 WIB

PMI Asal Lampung Disiksa Majikan di Malaysia, BP2MI: Sudah Ada di Rumah Aman

Ilustrasi Lampungcorner.Group

Ilustrasi Lampungcorner.Group

LAMPUNGCORNER.COM, BandarlampungPekerja Migran Indonesia (PMI) bernama Sulistinah (51) yang dikabarkan berasal dari Lampung itu, kini sudah berada di Rumah Aman di Kuala Lumpur, Malaysia.

Sulistinah adalah WNI yang bekerja sebagai asisten rumah tangga (ART) itu, diduga dianiaya majikannya di Malaysia. Dari informasi yang dikumpulkan dari berbagai sumber, korban menderita sejumlah luka dibagian wajah dan tubuh, hingga menyisakan lebam-lebam.

Menurut Kepala Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Ahmad Salabi, saat ini pihaknya sudah berkoordinasi dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Malaysia.

Menurut Ahmad, informasi terakhir sudah didapatkan nama PMI tersebut. Namun saat ini belum diketahui apakah Sulistinah tersebut berasal dari Lampung atau bukan.

“Kita belum dapat kepastian apakah WNI ini dari Lampung atau bukan. Bisa saja dia warga provinsi lain yang berangkat dari Lampung,” ungkap Ahmad saat dikonfirmasi rilislampung.id (group lampungcorner.com), Senin (14/6/2021).

BACA JUGA  Sindikat Pencuri Kabel Tembaga Berhasil Diringkus

Kini pihaknya masih berkoordinasi dengan berbagai pihak untuk memastikan darimana WNI tersebut berasal.

Sementara oknum majikan Sulistinah yang melakukan penganiayaan, telah ditangkap oleh pihak Polisi Diraja Malaysia.

“KBRI kita belum dapat infonya. Karena tidak bisa terlalu banyak intervensi, sebab ada batasan-batasan prosedur di Pemerintahan Malaysia. KBRI yang pasti akan melakukan pendampingan Sulistinah selama di Malaysia,” ungkapnya.

Ahmad berharap, apabila sudah mengetahui alamatnya, maka BP2MI akan mengunjungi rumah WNI ini untuk mengetahui kisah keberangkatan Sulistinah.

“Kita akan konfirmasi keluarganya supaya jelas bagaimana keberangkatanya, siapa calo yang memberangkatkan dan sebagainya,” tambah Ahmad lagi.

BACA JUGA  Keren! Cetak E-KTP di Bandarlampung Seperti Pakai ATM

Sementara Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Lampung Agus Nompitu mengatakan, melalui Bidang Penempatan dan Perluasan Kesempatan Kerja Disnaker, pihaknya akan berkoordinasi secara maksimal dengan lembaga terkait seperti BP2MI.

“Kita upayakan penjemputan dan menghantarkan PMI tersebut sampai ke daerah asal bersama-sama BP2MI,” ujar mantan Kadis Koperasi dan UKM Lampung itu.

Disnaker juga akan berkoordinasi pada pihak atau lembaga yg merekrut tenaga kerja, agar memberikan pembekalan yg baik bagi calon PMI.

“Perusahaan yang menempatkan juga harus memantau perkembangan kondisi TKI yang disalurkan di dalam maupun luar negeri,” tegas Agus Nompitu lagi. (*)

Red

Share :

78 views

Baca Juga

BANDAR LAMPUNG

Gempa Bumi M 4,7 Getarkan Pesisir Barat

BANDAR LAMPUNG

Bantah Varian Delta Masuk Lampung, Kadiskes Bandarlampung Mengaku Salah Baca

BANDAR LAMPUNG

Nyambi Jual Sabu, Wiraswastawan asal Tanjungkarang Timur Ditangkap Polisi

BANDAR LAMPUNG

Bandarlampung Kembali Zona Merah, Kadiskes: Target Kami Seminggu Zona Oranye

BANDAR LAMPUNG

Di Depan Ayah, Bocah asal Telukbetung Ini Tewas Bersimbah Darah Ditikam Kakak Tiri

BANDAR LAMPUNG

Mahasiswa Universitas Teknokrat Pamerkan Karya Terbaik dalam Gelaran Expo UAS

HUKUM

Terlibat Curat, Eko dan Iwan Codet Dibekuk, Revolver Rakitan Disita

BANDAR LAMPUNG

Hibahkan Tanah, Bunda Eva Berharap Polsek TbT Tingkatkan Pelayanan kepada Masyarakat