Home / BANDAR LAMPUNG

Jumat, 4 Desember 2020 - 13:35 WIB

Waspada! Ombak Setinggi Empat Meter Berpotensi Terjadi di Selat Sunda 

Peringatan dini dari BMKG terkait peringatan dini  gelombang tinggi yang terjadi di beberapa wilayah perairan Indonesia./FOTO SCREENSHOOT

Peringatan dini dari BMKG terkait peringatan dini gelombang tinggi yang terjadi di beberapa wilayah perairan Indonesia./FOTO SCREENSHOOT

Peringatan dini dikeluarkan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) terkait gelombang tinggi yang berpeluang terjadi di beberapa wilayah perairan Indonesia.

Gelombang tinggi diprediksi BMKG muncul pada Jumat-Sabtu (4-5/12/2020). Pemicunya karena pola angin yang diperkirakan terjadi di akhir pekan ini.

BMKG dalam keterangan tertulisnya melaporkan, terdapat pola tekanan rendah 1006 hPa di Samudra Hindia barat daya Banten dan Laut Flores.

addgoogle

Pola angin di wilayah Indonesia umumnya bergerak dari Barat-Utara dengan kecepatan berkisar 5-25 knot. Kecepatan angin tertinggi terpantau di Laut Natuna Utara, perairan utara Kepulauan Natuna-Kepulauan Anambas, perairan Barat Lampung, Selat Sunda bagian Barat dan Selatan.

”Kondisi ini mengakibatkan tinggi gelombang di sekitar wilayah tersebut,” tulis BMKG dalam keterangannya yang dilansir Lampungcorner.com dari detik.com, Jumat (4/12/2020).

BMKG mengimbau warga, terutama nelayan untuk waspada. Gelombang setinggi hingga 4 meter akan berpotensi terjadi di Perairan Barat Lampung, Samudera Hindia Barat Kepulauan Mentawai-Lampung, Selat Sunda bagian Barat dan Selatan.

Potensi gelombang tinggi di beberapa wilayah itu dapat berisiko terhadap keselamatan pelayaran. Untuk itu, BMKG selalu mengimbau masyarakat untuk selalu waspada. Terutama bagi nelayan yang beraktivitas dengan moda transportasi seperti perahu nelayan.

”Perahu nelayan (kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1,25 m), kapal tongkang (kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang di atas 1,5 m), kapal ferry (kecepatan angin lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang di atas 2,5 m), dan kapal ukuran besar seperti kapal kargo/kapal pesiar (kecepatan angin lebih dari 27 knot dan tinggi gelombang di atas 4 m),” tulis BMKG lagi.

Selain itu, BMKG juga mengimbau warga yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi tetap selalu waspada.(dtc/red)

add

Share :

347 views

Baca Juga

BANDAR LAMPUNG

Kasus Corona di Lampung Bertambah 336, Lamtim Terbanyak

BANDAR LAMPUNG

Tertinggi Selama Pandemi, 373 Warga Lampung Positif Corona dalam Sehari

BANDAR LAMPUNG

Kasus Lift Jatuh dari Lantai 21 di LBC, Puslabfor Mabes Polri Dilibatkan
ILUSTRASI: RILIS.ID/ Dendi Supratman

BANDAR LAMPUNG

Komnas PA Bandarlampung Terima 18 Laporan, Satu di antaranya Terkait Anak Disodomi

BANDAR LAMPUNG

Wali Kota Jamin Pedagang yang Ikut Aksi Tempati Gedung Baru Pasar Smep

BANDAR LAMPUNG

Tersangka Kasus Retribusi Sampah DLH Bandarlampung Lebih dari Dua

BANDAR LAMPUNG

Dugaan Pemukulan Nenek Penjual Air Panas, Dirut RSUDAM: Itu Refleks, bukan Sengaja

BANDAR LAMPUNG

Belum Ada yang Terpapar Covid-19, PTM Ditambah Jadi Empat Jam