Home / HUKUM / TULANG BAWANG

Selasa, 27 April 2021 - 13:23 WIB

Tipu Ratusan Warga Modus Jual Sembako Murah, Yanti Terancam Hukuman 4 Tahun Penjara

Foto: Istimewa

Foto: Istimewa

LAMPUNGCORNER.COM,-Seorang ibu rumah tangga (IRT) bernama Yanti Kustiawaty (38) warga Desa Penawar Jaya, Kecamatan Banjar Margo, Kabupaten Tulangbawang ditangkap polisi dari Polsek Banjar Agung dan Tekab 308 Polres Tulangbawang.

Tersangka ditangkap setelah diketahui melakukan penipuan terhadap ratusan warga. Yanti ditangkap pada Rabu lalu di sebuah rumah kontrakan di wilayah Kecamatan Bakauheni, Lampung Selatan.

“Tersangka telah menipu sekitar 802 warga dengan modus menawarkan paket sembako murah,” ujar Kapolsek Banjar Agung Kompol Devi Sujana, Selasa (26/4/2021).

addgoogle

Menurut Devi, 802 orang warga korban penipuan itu telah membeli tiga macam paket sembako murah. Yakni paket Rp50 Ribu sebanyak 678 orang, paket seharga Rp80 Ribu sebanyak 35 orang dan paket seharga Rp100 Ribu sebanyak 89 orang.

Terungkapnya kasus penipuan dengan modus menawarkan paket sembako murah itu setelah adanya laporan tiga orang bernama Susi Aningsih (46), Nurhayati (41) dan Ipon Ningsuh (34). Ketiganya merupakan tetangga Yanti.

“Tersangka meminta kepada para pelapor dan tujuh orang rekannya mencari warga yang berminat untuk mendaftar paket sembako murah tersebut. Bila mendapatkan 10 orang, mereka akan mendapatkan bonus satu paket sembako dengan syarat membayar uang tunai seharga paket sembako dan menyerahkan satu lembar fotokopi KTP,” ungkap Devi lagi.

Seperti dilansir dari rilislampung.id (group lampungcorner.com) Para pelapor dan rekan-rekannya pun percaya karena tersangka sudah mencairkan paket sembako murah untuk 326 orang dari 1128 orang yang sudah membayar sesuai dengan jumlah KTP yang telah terkumpul.

Akibat kejadian ini, pelapor dan rekan-rekannya serta 802 orang warga mengalami kerugian yang diperkirakan mencapai Rp45,6 juta.

“Tersangka masih menjalani pemeriksaan di Mapolsek Banjar Agung dan dijerat Pasal 378 KUHP dan atau Pasal 372 KUHP dengan ancaman hukuman lama empat tahun penjara. (*)

 

Redaksi

add

Share :

311 views

Baca Juga

TULANG BAWANG

Ratusan Guru Honorer Kecewa Dengan Penjabat Bupati Tuba

TULANG BAWANG

Bandar Narkotika di Menggala Selatan Ditangkap Polisi

TULANG BAWANG

Waaslog Kodam II / Sriwijaya Letkol Inf Hary Subarkah, Berkunjung ke Kodim 0426 Tulang Bawang

TULANG BAWANG

Cegah Pengecoran BBM Subsidi, Samapta Polres Tulang Bawang Lakukan Ini

TULANG BAWANG

Polres Tulang Bawang Gelar Patroli Samapta Presisi, Berikut Sasaran dan Metodenya

TULANG BAWANG

Penjabat Bupati Tuba Qudrotul Ikhwan Hadiri Rakornas Kepala Daerah dan Forkopimda se-Indonesia Tahun 2023

TULANG BAWANG

Bupati Winarti, Berpesan Agar Para Camat Dapat Mengawal Jalannya Pilkakam Secara Baik

BANDAR LAMPUNG

Polisi Ringkus Penculik dan Perampas Mobil Mahasiswa di Lapangan Saburai